ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA
INTERNASIONAL MINANGKABAU MENGGUNAKAN MODEL
KANO DAN GAP (KESENJANGAN) ANALISIS |
Penulis HADHIS NABBILA
Pembimbing : Yasrin Zabidi, S.T., M.T. - Esa Rengganis S., S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Cargo adalah semua barang yang diangkut atau yang akan diangkut dengan pesawat
udara dengan menggunakan Airwaybill / SMU tetapi tidak termasuk pos atau barang lain yang
dimuat dalam perjanjian konvensi pos internasional dan bagasi yang disertai tiket penumpang
atau check baggage. Pertumbuhan cargo yang sangat pesat menuntut PT. Angkasa Pura
Logistik sebagai pihak yang menghandle cargo di bandara El Tari Kupang untuk memiliki
gudang cargo sesuai kapasitas volume cargo yang ada baik untuk saat ini ataupun di masa
mendatang. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitiaan ini penulis menggunakan
metode peramalah guna mengetahui pertumbuhan volume kargo dimasa mendatang guna
mengetahui luas gudang kargo yang harus dibangun.
Peramalan adalah metode untuk memperkirakan suatu nilai dimasa depan dengan
menggunakan data masa lalu. Dalam penelitian ini metode peramalam digunakan untung
menhitung pertumbuhan jumlah volume cargo pada tahun mendatang. Hasil peramalan yang
dipilih adalah Double Exponential Smoothing with Brown dengan α = 0,4, yang menghasilkan
MAD terkecil dengan nilai MAD sebesar = 149. Hasil dari peramalan yang menunjukan bahwa
rata rata jumlah volume cargo pada 2 tahun kedepan adalah sebanyak 4.310 ton, Saat ini
kapasitas gudang kargo yang dimiliki hanya cukup untuk menampung jumlah cargo sebanyak
2.000 ton. Setelah dilakukan peramalan yang meramalkan di masa yang akan datang volume
kargo akan mencapai 4.000-5.000 ton, maka pihak Angkasa Pura Logistik harus membangun
gudang kargo dengan luas 289.474,5 .
Peramalan,Volume Cargo,Bandara El Tari Kupang.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: HADHIS NABBILA |
|
NIM |
: 13020034 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|