TRIP DISTRIBUTION PENUMPANG DOMESTIK PESAWAT
UDARA PADA ENAM BANDAR UDARA DI PULAU
SUMATERA MENGGUNAKAN MODEL FURNESS DAN
MODEL DOUBLE CONSTRAIN GRAVITY |
Penulis PUJA YULIANA
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T. - Karseno KS, INZ., S.E., M.M.
|
ABSTRAK :
Sejalan dengan meningkatnya penduduk, maka jumlah perjalanan
semakin meningkat. Perjalanan terbentuk karena adanya proses pemenuhan
kebutuhan. Kebutuhan akan pergerakan selalu menimbulkan permasalahan,
khususnya pada saat manusia menuju tujuan yang sama di dalam daerah tertentu
pada saat yang bersamaan. Untuk mengantisipasi kebutuhan diperlukan analisis
perkiraan tentang bangkitan dan tarikan serta pergerakan pada masa yang akan
datang, sehingga kita bisa mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
khususnya pada enam bandar udara di pulau Sumatera.
Untuk membentuk model bangkitan dan tarikan pergerakan dibutuhkan
data pergerakan asal tujuan dari data sekunder. Data sekunder dianalisis dengan
metode trend kuadrat terkecil untuk memperoleh bangkitan dan tarikan masa
mendatang. Hasil bangkitan dan tarikan diolah menjadi sebaran pergerakan dengan
model Furness dan model Double Constrain Gravity (DGCR) serta perhtiungan
kesesuaian matriks menggunakan metode Root Mean Square Error (RMSE). Untuk
memudahkan perhitungan peneliti menggunakan software Microsoft Excel.
Hasil dari perhitungan bangkitan dan tarikan tahun 2025 didapat jumlah
penumpang sebanyak 5618164. Sebaran pergerakan dari model Furness mengalami
kenaikan jumlah penumpang dan pada model DGCR terdapat dua rute yang
mengalami penurunan jumlah penumpang pada rute BTJ-KNO dan KNO-BTJ.
Uji statistik kesesuaian matriks model Furness lebih kecil dibandingkan dengan
model DCGR yaitu sebesar 16576,94 dengan %RMSE 13,69%.
Kata kunci : Trip Distribution, Pesawat Udara, Pulau Sumatera
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: PUJA YULIANA |
|
NIM |
: 14050110 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|