ANALISA SENTIMEN TERHADAP KOMENTAR PENGGUNA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN METODE STATISTIK PROBABILITAS |
Penulis FIRDA AULIA
Pembimbing : Astika Ayuningtyas, S.Kom., M.Cs. - Harliyus Agustian, S.Kom., M.Cs.
|
ABSTRAK :
ANALISA SENTIMEN TERHADAP KOMENTAR PENGGUNA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN METODE STATISTIK PROBABILITAS
Oleh:
Firda Aulia
130030008
INTISARI
Perkembangan media sosial belakangan membuat media sosial menjadi sarana pemasaran yang terus berkembang. Banyak pihak pengelola e-Commerce yang mengembangkan bisnisnya melalui Onlineshop. Review konsumen pada akun official perusahaan sangat berpengaruh bagi pemasaran dan tingkat penjualan perusahaan. Banyaknya komentar yang ditinggalkan konsumen pada akun official onlineshop membuat pihak perusahaan sulit menarik kesimpulan apakah review konsumen lebih banyak yang positif, negatif atau netral jika mengolahnya secara manual. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem analisis sentimen yang dapat mengklasifikasikan data-data komentar dalam jumlah banyak dan efektifitas waktu dengan menggunakan Metode Statistik Probabilitas. Berdasarkan hasil analisis dari sistem analisis sentimen data komentar media sosial menggunakan metode Statistik Probabilitas dapat membantu dalam menentukan hasil dari sebuah data komentar dan sistem anlisis sentimen yang dibangun juga dapat membantu pengguna baik pihak onlineshop maupun pihak konsumen untuk mengetahui hasil dari analisa sentimen.
Kata kunci: Sentimen Analisis, Review, Media Sosial, E-commerce, Statistik Probabilitas.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FIRDA AULIA |
|
NIM |
: 13030008 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|