GAME EDUKASI PENGENALAN DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK ANAK KELAS 1 SD BERBASIS ANDROID |
Penulis YANTI ALIF AL AFIAH
Pembimbing : Nurcahyani Dewi Retnowati, S.Far, Apt., M.T. - Abdul Haris Subardjo, S.Si., Apt., M.Sc.
|
ABSTRAK :
GAME EDUKASI PENGENALAN DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK ANAK KELAS 1 SD BERBASIS ANDROID
Oleh
Yanti Alif Al Afiah
13030020
INTISARI
Mengenal dan memahami Pancasila sebagai dasar negara merupakan hal wajib bagi seluruh bangsa Indonesia terutama untuk anak dalam hidup berbangsa dan bernegara guna menjaga persatuan dan kesatuan negara kesatuan Republik Indonesia. Pemahaman Pancasila untuk anak dapat ditanamkan sejak kelas 1 SD dengan melibatkan teknologi android yang mulai mempengaruhi kehidupan anak. Pembelajaran Pancasila dapat diterapkan melalui game yang akan mengenalkan dan memberi pemahaman untuk anak kelas 1 SD. Pengenalan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila untuk anak kelas 1 SD dalam bentuk game edukasi berbasis android dengan menggunakan software game maker studio yang mendukung dalam pembuatan game edukasi. Hasil penelitian menunjukkan Game Edukasi Pengenalan dan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Untuk Anak Kelas 1 SD Berbasis Android ini telah menjadi alternatif baru dalam belajar disamping sebagai media bermain. Hasil dari pengujian pada platform android menunjukkan bahwa game ini dapat dipasang pada beberapa platform android mulai dari KitKat, Lollipop, Marshmallow, hingga Oreo. Dalam penggunaan game juga menunjukkan kinerja yang baik pada setiap button yang ada. Game ini telah melalui beberapa tahapan perancangan dan pengujian dan hasil angket dari 50 responden menunjukkan tingkat kelayakan Game Edukasi untuk digunakan dengan persentase 86,28% yang artinya sebagian besar pengguna mengangggap game ini menarik dan dapat memainkan serta memahami Game Edukasi.
Kata kunci : game edukasi, android, Pancasila
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: YANTI ALIF AL AFIAH |
|
NIM |
: 13030020 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|