ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR REPAIR LAP JOINT
PADA BODY PESAWAT BOEING 737-300 DI BS 360 - BS 540,
S - 4R DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA
V5R16 |
Penulis FRANCISCO MOISES DO CARMO P
Pembimbing : M. Jalu Purnomo, S.T., M.Eng., - Dwi Hartini, ST., M.T.,
|
ABSTRAK :
Service Bulletin (SB) merupakan metode inspeksi dan perbaikan untuk lower skin lap
joint karena mengalami crack/fatique. Jika pengecekan lower skin lap joint tidak
terdeteksi, crack dapat tumbuh menjadi lebih besar dan menyebabkan dekompresi
mendadak.. Repair lap joint ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya
crack pada skin pesawat karena pembebanan yang terjadi atau diterima skin selama
pengoperasian pesawat yang dapat mengakibatkan ketidakamanan penerbangan atau
safety flight. Sehingga untuk mengetahui batas kekuatan strukturnya maka perlu
dilakukan analisis dengan melakukan pemodelan, menemukan letak tegangan kritis
maksimum dan menghitung nilai margin of safety. Pemodelan dan analisis dilakukan
dengan menggunakan software CATIA V5R16. Metode analisis yang dilakukan adalah
metode Analisis Statik dengan memanfaatkan fasilitas pada software CATIA V5R16
yaitu generative structural analysis. Pembebanan pada penelitian ini yaitu Beban
Pressure dan Beban Tarik . Masing-masing pembebanan terdapat beberapa variasi
yaitu, variasi doubler, variasi tripler dan variasi filler.
Dari analisis dengan menggunakan software CATIA V5R16 didapatkan hasil bahwa
struktur repair lap joint sesuai dengan SRM dan SB Aman. Nilai margin of safety
tertinggi adalah 2.830 model 1 pada variasi 3 dengan tebal skin filler 0.071inch pada
beban pressure. Dan nilai margin of safety terendah terdapat pada model 2 variasi 1
tebal skin tripler 0,032 inch dengan nilai yaitu 2.216 pada beban pressure.
Kata Kunci : Repair Lap Joint, CATIA V5R16, Tegangan, Margin of Safety.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FRANCISCO MOISES DO CARMO P |
|
NIM |
: 07050118 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|