© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

MEMBANGUN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) ANAK SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN EXTENSIBLE MARKUP LANGUAGE (XML) BERBASIS ANDROID
Penulis
SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH
Pembimbing : Anton Setiawan H., S.Kom., M.T. - Asih Pujiastuti, S.Kom., M.Cs.

ABSTRAK :
MEMBANGUN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) ANAK SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN EXTENSIBLE MARKUP LANGUAGE (XML) BERBASIS ANDROID Oleh SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH 12030023 INTISARI Secara spesifik, survei oleh Indonesia Hottest Insight menyatakan bahwa sebagian besar pengguna smartphone di kalangan anak-anak terlibat secara aktif dalam bermain game. Untuk membuat siswa lebih tertarik dalam mempelajari pelajaran ilmu pengetahuan alam, maka dibuatlah Aplikasi Teka-Teki Silang yang dapat merangsang dan memicu daya tarik siswa-siswi dalam belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk mendukung proses belajar di Sekolah dan di rumah. Aplikasi ini dibuat dan ditujukan untuk anak sekolah dasar (SD) khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Perancangan dasar game edukasi ini menggunakan perangkat pemodelan logic seperti membuat UML (Unified Modeling Language). Penerapan rancangan sistem dibuat kedalam bahasa pemograman Android Studio dengan menggunakan platform android. Hasilnya yaitu aplikasi teka-teki silang yang terdiri dari dua bagian yaitu TTS Builder yang digunakan oleh guru dan TTS Player yang digunakan oleh murid. Pengujian menggunakan kuisioner dan dihitung dengan metode skala likert dengan hasil TTS Builder adalah 84% dan hasil TTS Player adalah 86% yang masuk dalam kategori “Sangat Setuju”. Kata Kunci : Extensible Markup Languange, Smartphone, Android, TTS


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH
NIM : 12030023
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024