MEMBANGUN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG UNTUK
MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA) ANAK SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN EXTENSIBLE
MARKUP LANGUAGE (XML) BERBASIS ANDROID |
Penulis SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH
Pembimbing : Anton Setiawan H., S.Kom., M.T. - Asih Pujiastuti, S.Kom., M.Cs.
|
ABSTRAK :
MEMBANGUN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG UNTUK MEDIA
PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) ANAK
SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN EXTENSIBLE MARKUP LANGUAGE
(XML) BERBASIS ANDROID
Oleh
SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH
12030023
INTISARI
Secara spesifik, survei oleh Indonesia Hottest Insight menyatakan bahwa
sebagian besar pengguna smartphone di kalangan anak-anak terlibat secara aktif
dalam bermain game. Untuk membuat siswa lebih tertarik dalam mempelajari
pelajaran ilmu pengetahuan alam, maka dibuatlah Aplikasi Teka-Teki Silang yang
dapat merangsang dan memicu daya tarik siswa-siswi dalam belajar ilmu
pengetahuan alam (IPA) untuk mendukung proses belajar di Sekolah dan di
rumah. Aplikasi ini dibuat dan ditujukan untuk anak sekolah dasar (SD)
khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Perancangan dasar game
edukasi ini menggunakan perangkat pemodelan logic seperti membuat UML
(Unified Modeling Language). Penerapan rancangan sistem dibuat kedalam
bahasa pemograman Android Studio dengan menggunakan platform android.
Hasilnya yaitu aplikasi teka-teki silang yang terdiri dari dua bagian yaitu TTS
Builder yang digunakan oleh guru dan TTS Player yang digunakan oleh murid.
Pengujian menggunakan kuisioner dan dihitung dengan metode skala likert
dengan hasil TTS Builder adalah 84% dan hasil TTS Player adalah 86% yang
masuk dalam kategori “Sangat Setuju”.
Kata Kunci : Extensible Markup Languange, Smartphone, Android, TTS
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: SHIDIQ CAHYO ARIANSYAH |
|
NIM |
: 12030023 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|