ABSTRAK :
Geofence merupakan suatu prosedur untuk mengidentifikasi jika lokasi
terletak dalam pagar tertentu, misalnya batas lingkungan, wilayah kehadiran di mal,
toko, warung makan. Sebuah geofence dapat dihasilkan secara dinamis sepeti dalam
radius sekitar toko atau titik lokasi. Geofencing adalah elemen penting untuk
telematika hardware dan software. Hal ini memungkinkan pengguna sistem untuk
menarik zona sekitar area tempat pelanggan. Geofence tersebut saat dilintasi,
dilengkapi atau orang dapat memicu notification. Fungsional geofence diterapkan
pada aplikasi iklan promo di android. Hal tersebut membuat munculnya ide untuk
membangun sebuah aplikasi sistem terdistribusi gerai waralaba memanfaatkan google
geofence berbasis android, yang akan membantu pengguna android untuk mencari
promo barang disekitarnya dalam area kurang lebih 1/km. Dalam prosesnya ada dua
pihak yang terlibat dalam promo barang tersebut, meliputi toko sebagai penyedia
barang kemudian pengguna android sebagai target dari promo barang tersebut. Toko
sebagai penyedia barang harus register pada web yang disediakan developer dengan
meng-input-kan data toko dan mendapatkan username dan password kemudian
masuk pada form promo barang dan meng-input-kan barang yang dipromokan dan
data tersebut akan disimpan di database mysql sebagai server. Dari sisi pengguna
aplikasi, harus ter-instal pada android kemudian bergerak memasuki area titik lokasi
dimana toko tersebut berada untuk mendapatkan iklan promo. Selain itu, hasil
pengujian pengguna menggunakan metode likert menunjukkan aplikasi dapat berjalan
dan berfungsi dengan baik. Hasil uji pengguna menggunakan metode likert, dimana
dari 13 pertanyaan dengan 30 responden menyatakan hasil 86 persen, untuk kriteria hasil
responden 86 persen masuk dalam kategori aplikasi dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Geofence, mysql, aplikasi android, aplikasi berbasis web.
|