ANALISIS KEHANDALAN (RELIABILITY) ARSITEKTUR SISTEM
WING ANTI ICING PADA PESAWAT TM-13 DENGAN MENGGUNAKAN
METODE FAULT TREE ANALYSIS |
Penulis MUHAMMAD LUANDA AURORA
Pembimbing : Teguh Wibowo, S.T., M.T. - C. Sukoco B., S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Cuaca buruk merupakan salah satu masalah dalam dunia penerbangan,
misalnya icing (formasi es). Terbentuknya icing dapat menghancurkan aliran
udara pada wing sehingga mengurangi gaya angkat (lift) dan menambah gaya
hambat (drag) pada pesawat, sehingga dapat terjadi stall. Icing dapat dengan
mudah terbentuk di pesawat salah satunya di bagian leading edge wing akibat
dari bertabrakan langsung dengan udara. Masalah icing mungkin timbul selama
penerbangan yang melewati awan yang berupa tetesan air yang sangat dingin dan
selama ground operation dalam kondisi visibility yang rendah dengan temperatur
udara yang mendekati titik beku. Oleh karena itu, analisa kehandalan (reliability)
arsitektur sistem wing anti-icing pada pesawat TM-13 sangat penting untuk
keamanan (safety)
Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah sistem wing anti icing pada
pesawat TM-13 handal dan mengetahui kegagalan yang sering terjadi serta
resikonya. Metode menganalisa kehandalan sistem wing anti icing menggunakan
Functional Hazard Assessment (FHA). FHA akan menghasilkan modus
kegagalan (failure mode) dan severity classification. Modus kegagalan pada FHA
dapat dijadikan sebagai Top Event dalam pembuatan Fault Tree Analysis (FTA)
dan severity classification dapat dijadikan syarat untuk batas kegagalan yang
diizinkan. Kemudian FTA menghasilkan total probability of failure dari system
wing anti icing pesawat TM-13. Total probability of failure dari FTA
dibandingkan dengan severity classification dari FHA. Apabila nilai probability of
failure pada FTA lebih kecil dari severity classification dari FHA maka sistem
wing anti icing pesawat TM-13 dapat dikatakan handal. Hasil perhitungan sistem
wing anti icing pesawat TM-13 menunjukkan bahwa nilai probability of failure
yang di peroleh lebih kecil dari nilai Severity Classification untuk tiap-tiap
kategori major dan hazardous. Dengan begitu sistem wing anti icing untuk
pesawat TM-13 dapat dikatakan handal karena sesuai dengan persyaratan.
Kata kunci: ice protection, icing, reliability, Fault Tree Analysis (FTA)
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MUHAMMAD LUANDA AURORA |
|
NIM |
: 14040006 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|