© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEHANDALAN (RELIABILITY) ARSITEKTUR SISTEM WING ANTI ICING PADA PESAWAT TM-13 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
MUHAMMAD LUANDA AURORA
Pembimbing : Teguh Wibowo, S.T., M.T. - C. Sukoco B., S.T., M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Cuaca buruk merupakan salah satu masalah dalam dunia penerbangan, misalnya icing (formasi es). Terbentuknya icing dapat menghancurkan aliran udara pada wing sehingga mengurangi gaya angkat (lift) dan menambah gaya hambat (drag) pada pesawat, sehingga dapat terjadi stall. Icing dapat dengan mudah terbentuk di pesawat salah satunya di bagian leading edge wing akibat dari bertabrakan langsung dengan udara. Masalah icing mungkin timbul selama penerbangan yang melewati awan yang berupa tetesan air yang sangat dingin dan selama ground operation dalam kondisi visibility yang rendah dengan temperatur udara yang mendekati titik beku. Oleh karena itu, analisa kehandalan (reliability) arsitektur sistem wing anti-icing pada pesawat TM-13 sangat penting untuk keamanan (safety) Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah sistem wing anti icing pada pesawat TM-13 handal dan mengetahui kegagalan yang sering terjadi serta resikonya. Metode menganalisa kehandalan sistem wing anti icing menggunakan Functional Hazard Assessment (FHA). FHA akan menghasilkan modus kegagalan (failure mode) dan severity classification. Modus kegagalan pada FHA dapat dijadikan sebagai Top Event dalam pembuatan Fault Tree Analysis (FTA) dan severity classification dapat dijadikan syarat untuk batas kegagalan yang diizinkan. Kemudian FTA menghasilkan total probability of failure dari system wing anti icing pesawat TM-13. Total probability of failure dari FTA dibandingkan dengan severity classification dari FHA. Apabila nilai probability of failure pada FTA lebih kecil dari severity classification dari FHA maka sistem wing anti icing pesawat TM-13 dapat dikatakan handal. Hasil perhitungan sistem wing anti icing pesawat TM-13 menunjukkan bahwa nilai probability of failure yang di peroleh lebih kecil dari nilai Severity Classification untuk tiap-tiap kategori major dan hazardous. Dengan begitu sistem wing anti icing untuk pesawat TM-13 dapat dikatakan handal karena sesuai dengan persyaratan. Kata kunci: ice protection, icing, reliability, Fault Tree Analysis (FTA)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD LUANDA AURORA
NIM : 14040006
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024