ABSTRAK :
Fuselage merupakan struktur pada pesawat sebagai tempat penumpang, barang, sayap, vertical dan horizontal tail, dan powerplant. Pengaruh beban pada rancangan fuselage dapat dihasilkan dari flight maneuver, landing, take-off atau kondisi ground handling. Salah satu pembebanan yang paling berpengaruh pada fuselage adalah tekanan kabin (cabin pressure). Pada pengoperasian pesawat secara terus menerus, tekanan kabin dapat menyebabkan damage berupa retak pada bagian fuselage. Untuk menangani kasus retak harus dilakukan proses repair. Pada proses repair tersebut, nilai tegangan maksimum dan margin of safety pada struktur hasil repair tersebut akan dianalisis.
Dalam penelitian ini pemodelan diambil dari SRM (Struktural Repair Manual) pada Repair 35 dengan model crack menggunakan Detail IV. Pemodelan dan analisa struktur repair menggunakan bantuan software CATIA V5R20. Model diberikan beban internal pressure dan tension load pada arah Z dan arah Y.
Tegangan maksimum yang terjadi pada struktur repair 35 detail IV yang dikenakan internal pressure dan tension load yaitu 16655,6 Psi yang terletak pada struktur frame, dengan nilai margin of safety sebesar 2,902. Margin of safety terendah yang diperoleh dari analysis adalah sebesar 1,139 pada fastener BACR15BB6AD.
Kata Kunci : SRM, Struktur Repair 35 Detail IV, CATIA
|