© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PERFORMA AERODINAMIKA MODEL PESAWAT STTA 12-MXA (MULTIROLE EXPERIMENTAL AIRCRAFT) DENGAN PENDEKATAN CFD
Penulis
JOKO JUMIYANTO
Pembimbing : M. Ardi Cahyono., ST.,MT. - Buyung Junaidin, ST.,MT.

ABSTRAK :
Pengujian aerodinamika merupakan tahap penting setelah proses desain. Tujuan dalam pengujian aerodinamika adalah untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi pesawat tersebut. ada banyak metode dalam pengujian aerodinamika salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan computational fluid dynamics (CFD). Metode CFD sudah teruji keakuratannya dan hasil mendekati kondisi yang sebenarnya. Selain itu CFD juga efisiensi waktu dan hemat biaya serta praktis dalam penggunaanya. Pengujian aerodinamika pesawat STTA 12-MXA (Multirole eXperimental Aircraft) dititik beratkan pada kondisi take off, cruise dan maximum speed untuk berbagai variasi sudut serang. Dengan menggunakan simulasi CFD akan didapatkan hasil baik itu berupa angka, contour, vector, streamline dan data pendukung lainnya untuk diolah dan di bandingkan dengan perhitungan awal desain pesawat tersebut. Data hasil analisis performa aerodinamika pesawat STTA 12-MXA pada saat kondisi take off menghasilkan lift maksimum sebesar 11096 N. Pada saat kondisi cruise lift 5052 N. Pada Maximum speed ketinggian cruise menghasilkan lift 5591 N. Grafik lift versus sudut alfa menunjukkan nilai lift terus naik sampai sudut 19 derajat dan stall disudut 20 derajat. Grafik drag versus sudut serang menunjukkan semakin besar angka sudut yang digunakan maka semakin besar nilai drag yang dihasilkan (tidak pengaruh sudut positif dan negatif). Dari beberapa bagian pesawat nilai distribusi lift dan drag didominasi pada area wing. Kata kunci : aerodinamika, pesawat, CFD, Lift, Drag, take off, cruise


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : JOKO JUMIYANTO
NIM : 10050141
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024