© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

PENGARUH KONFIGURASI FLAP PADA AIRFOIL NACA 0012 SEBAGAI PENAMBAH KOEFISIEN GAYA ANGKAT
Penulis
AGUSTINUS CHRISTOFORUS MAU DURUS
Pembimbing : Benedictus Mardwianta, S.T., M.T. - C. Sukoco B., S.T., M.T.

ABSTRAK :
PENGARUH KONFIGURASI FLAP PADA AIRFOIL NACA 0012 SEBAGAI PENAMBAH KOEFISIEN GAYA ANGKAT Ditulis oleh : Agustinus Christoforus Mau Durus NIM : 13040052 Dosen pembimbing I : B. Mardwianta, S.T., M.T. Dosen pembimbing II : C. Sukoco B, S.T., M.T. ABSTRAK Salah satu cara untuk menambah gaya angkat (lift) pada sebuah sayap pesawat terbang (airfoil) adalah dengan menambahkan flap di bagian traling edge dari sayap tersebut. Analisis karakteristik aerodinamika ini dilakukan pada airfoil NACA 0012 yang dipasang dengan 4 jenis flap berbeda yaitu plain flap, split flap, slotted flap, dan fowler flap. Dalam penelitian ini, analisa karakteristik aerodinamika dari 4 jenis flap tersebut dilakukan dengan mengkaji pendistribusian aliran fluida di sepanjang kontur airfoil sayap pesawat untuk mendapatkan distribusi kecepatan, tekanan dan gaya yang terjadi di sekitar airfoil dengan menggunakan software berbasis Computer Fluid Dinamic (CFD). Analisis dilakukan dengan cara menyimulasikan aliran fluida yang mengalir pada airfoil NACA 0012 dengan menggunakan software berbasis CFD yaitu Ansys Fluent. Tujuan dari analisa ini adalah mengetahui nilai koefisien lift, nilai koefisien drag, dan penggunaan flap yang paling efisien dari keempat jenis flap yang digunakan pada proses simulasi dari masing masing airfoil yang di pasang dengan jenis flap berbeda yang disimulasikan dengan variasi sudut serang dari 0°, 5°, 10° dan 15°. Metode yang digunakan adalah analisis simulasi. Simulasi dilakukan dengan membuat model airfoil NACA 0012 dengan software autodesk inventor yang disimpan dalam format Iges yang akan diinput dalam software Ansys Fluent untuk disimulasikan. Nilai dari analisis simulasi yang dihasilkan dapat disimpulkan penggunaan jenis flap yang paling efisien dari keempat flap yang dipasang pada airfoil NACA 0012 dengan nilai kecepatan 80 m/s dan defleksi flap untuk semua flap 30° adalah flap dengan jenis plain flap karena memiliki nilai L/D lebih besar dari jenis flap lainnya yaitu 11,9702. Kata kunci: aerodinamika, flap, NACA airfoil, CFD, Ansys Fluent.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AGUSTINUS CHRISTOFORUS MAU DURUS
NIM : 13040052
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022