ABSTRAK :
Pepatah mengatakan bahwa “kebutuhan adalah pemicu dari suatu
penemuan“ dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “ necessity is the mother
of invention”. Berdasarkan hal tersebut perusahaan manufaktur engine pesawat
udara yakni CFMI dan IAE berlomba-lomba menciptakan engine yang tepat untuk
kebutuhan operasional pesawat udara. Salah satu konsumen CMFI dan IAE adalah
manufaktur pembuat pesawat udara asal Perancis yaitu Airbus yang menggunakan
CFM56-5A1 buatan CFMI dan V2500-A1 buatan IAE untuk pesawat A320-200.
Dikarenakan ada pilihan variant engine yang berbeda untuk pesawat Airbus A320-
200, tentunya airline sebagai operator mempunyai pertimbangan dalam
menggunakan salah satu produk engine untuk pesawat udaranya. Faktor utama
yang menjadi pertimbangan adalah performa yang dimiliki oleh engine.
Salah satu cara untuk mengetahui performa engine dapat dilakukan dengan
metode parametric cycle analysis of real engine serta engine performance analysis
pada kondisi cruising atau terbang jelajah, kemudian menganalisa nilai hasil
perhitungan yang didapat dengan inputan variasi ketinggian yang berbeda yakni
24000 ft, 24000 ft, 32000 ft dan 36000 ft.
Hasil perhitungan performa engine CFM56-5A1 dan V2500-A1 paling baik
adalah terbang maksimum cruise pada ketinggian 36000 feet yakni memiliki thrust
sebesar 8975 lbf dan 8341 lbf, TSFC sebesar 0,6763 lbm/hr/lbf dan 0,6818
lbm/hr/lbf, efisiensi thermal sebesar 53,2% dan 50,5%, efisiensi sebesar propulsive
54,1% dan 54,1% serta efisiensi overall sebesar 28,8% dan 28,6%. Dari hasil
perbandingan performa, engine CFM56-A1 unggul dari segi nilai thrust,
penggunaan bahan bakar, efisiensi thermal dan efisiensi overall sedangkan engine
V2500-A1 mempunyai keunggulan yakni nilai efisiensi propulsive yang lebih tinggi
daripada engine CFM56-5A1. Pengaruh ketinggian terbang terhadap perfroma
engine adalah semakin tinggi terbang cruising maka nilai thrust, thrust spesific fuel
consumption dan efisiensi propulsif semakin menurun sedangkan nilai efisiensi
thermal dan efisiensi overall meningkat.
Kata Kunci : Engine, CFM56-5A1, V2500-A1 dan Cruise
|