ANALISA KEAKTIFAN USER JEJARING SOSIAL PENDIDIKAN
DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING
(Studi Kasus Jejaring Sosial Geschool) |
Penulis DWI PRASETYA AMRIZAL
Pembimbing : Anton Setiawan H, S.Kom, M.T, - Dwi Nugraheny, S.Kom., M. Cs.
|
ABSTRAK :
Belajar sudah menjadi kewajiban bagi pelajar sebagai cara menggapai
cita-cita.Namun dengan kemajuan teknologi dan informasi kini, belajar tambahan
dapat dilakukan dengan berbagai cara, waktu dan tempat juga biaya yang murah.
Disitulah muncul peran situs jejaring sosial pendidikangeschool. Kini, dengan
semakin banyaknya user yang menggunakan jejaring sosial tersebut untuk belajar,
maka dibutuhkan sebuah analisa bagaimana keaktifan user memanfaatkan fasilitas
pendidikan yang ada. Sistem data mining yang dibangun menggunakan metode
clustering dengan bantuan algoritma k-means yang akan mengelompokkan data
banyaknya penggunaan fitur edukasi. Hasil penelitian ini yang berupa tabel dan
grafik diharapkan mampu memberikan gambaran keaktifan user jejaring sosial
Geschool kepada perusahaan pengembang situs tersebut untuk dimanfaatkan
dalam pengembangan fitur selanjutnya.
Kata Kunci :jejaring sosial, geschool, data mining, metode clustering, k-means
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: DWI PRASETYA AMRIZAL |
|
NIM |
: 09030051 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|