ABSTRAK :
Landing Gear merupakan komponen penting dalam struktur pesawat dan
helicopter EC155B. Jenis landing gear yang digunakan “Rectractable tricycle
landing gear . Landing gear tersebut harus mampu menahan Landing loads.
Sehingga tidak terjadi kegagalan akibat struktur yang tidak kuat. Untuk
mengetahui batas kekuatan struktur atau tegangan Landing gear untuk Helicopter
airbus EC155 maka harus dilakukan analisis struktur.
Pemodelan dan analisis menggunakan software CATIA V5R21. Yaitu
menggunakan Workbench Part Design, Assembly Design, dan Generative
Structural Analysis. Terdapat satu pembebanan dalam analisis ini, yaitu dalam
kondisi Landing loads. Analisis akan dilakukan secara 3D. Besar load yang akan
dipakai adalah nilai maksimum dari vertical reaction, drag, side load, kombinasi
dari vertical reaction dengan drag, kombinasi dari vertical reaction dan side
load, dan kombinasi dari ketiganya.
Dari analysis didapatkan hasil bahwa seluruh struktur model landing gear
ini aman. Tegangan maksimum main landing gear sebesar 227.71 MPa dengan
nilai Margin of safety 4,9 N/m2 Sehingga nilai Margin of safety menunjukan nilai
positif maka struktur pada landing gear dapat dinyatakan memenuhi persyaratan
(aman).
Kata kunci : Landing gear, Helicopter, CATIA V5R21, Analisis struktur, Margin
of Safety
|