© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KAJIAN KEBISINGAN PROPELER G-SONIC 13”x12” SECARA EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI KOMPUTASIONAL
Penulis
ELISABETH ANNA PRATIWI
Pembimbing : M.R.E. Nasution, S.T., M.T., Ph.D.Eng. - Buyung Junaidin, S.T., M.T.

ABSTRAK :
KAJIAN KEBISINGAN PROPELER G-SONIC 13”x12” SECARA EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI KOMPUTASIONAL Elisabeth Anna Prattiwi 13050073 Departemen Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisujipto e-mail: elisabeth.anna.pratiwi@gmail.com ABSTRAK Propeler dapat menghasilkan noise (kebisingan) yang cukup tinggi ketika sedang beroperasi. Factor utama yang mengakibatkan noise pada propeller adalah interaksi antara propeller dengan udara. Dalam kondisi steady dimana propeller tidak bergerak maju, noise akan terdengar paling jelas sesuai dengan arah aliran yang dihasilkan oleh propeller (dibelakang propeler). Skripsi ini meneliti tingkat noise propeler yang disajikan dalam bentuk noise directivity dan sound power level dengan menggunakan metode eksperimen dan komputasional. Eksperimen dilakukan diruang hemi-anechoic milik Balai Besar Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika BBPT (BBTA3 BPPT). Simulasi komputasional dilakukan dengan menggunakan model turbulensi ReNormalization Group (RNG) k-e dan perhitungan akustik dengan menggunakan formulasi Ffowcs William-Hawking (FW-H). Hasil eksperimen menunjukkan nilai tertinggi noise directivity pada arah aliran propeler (posisi 13, sudut 180). Namun simulasi belum dapat menunjukkan hal tersebut. Nilai error rata-rata hasil simulasi belum dalam menunjukkan hal tersebut. Nilai erro rata-rata hasil simulasi noise directivity terhadap eksperimen adalah 10.16%. Adapun nilai rata-rata hasil simulasi sound power level terhadap eksperimen adalah 7.87%. Kata kunci: Propeler, noise directivity, sound power level


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ELISABETH ANNA PRATIWI
NIM : 13050073
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024