ABSTRAK :
Korosi merupakan kerusakan material yang sangat berbahaya terhadap
pesawat terbang karena korosi dapat mengurangi kemampuan material. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui nilai laju korosi dari hasil proses anodizing dan
inhibitor. Salah satu jenis inhibitor yang digunakan adalah LPS 3. LPS 3
merupakan inhibitor anorganik yang digunakan untuk melapisi struktur pesawat
yang terbuat dari logam. Material yang digunakan pada penelitian ini yaitu
material jenis AL 2024 T-4.
Penelitian ini menggunakan proses anodizing dengan larutan asam sulfat
pada arus 0,4 ampere. Variasi waktu pencelupannya adalah 25 menit, 30 menit,
dan 35 menit. Metode yang digunakan untuk pengendalian korosi yaitu dengan
cara metode penyemprotan inhibitor dan metode pelapisan anodizing.
Dalam penelitian ini didapat hasil ketebalan lapisan oksida yang terbentuk
dari proses anodizing sebesar 3,8 μm, 14,6 μm, dan 29,8 μm. Hasil penelitian ini
menunjukan waktu pelapisan mempengaruhi ketebalan lapisan oksida yang
terbentuk. Nilai laju korosi pada raw material sebesar 0,35 mdd, sedangkan
material dengan proses anodizing dan penyemprotan inhibitor tidak mengalami
korosi. Dari hasil penelitian ini bahwa anodizing mampu meningkatkan ketahanan
terhadap korosi sehingga laju korosi dapat terhambat.
Kata kunci : sulfuric anodize, korosi, Aluminium 2024-T4
|