© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PERFORMA TURBOPROP ENGINE 250-B17F PESAWAT G120 TP-A GROB TERHADAP PENGARUH KETINGGIAN PADA KONDISI CLIMBING
Penulis
RIDHO ALIH NURSASONGKO
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M.Eng. - Karseno KS., INZ., S.E., M.M.

ABSTRAK :
ANALISIS PERFORMA TURBOPROP ENGINE 250-B17F PESAWAT G120 TP-A GROB TERHADAP PENGARUH KETINGGIAN PADA KONDISI CLIMBING Ridho Alih Nursasongko 13050022 Abstrak Setiap pesawat terbang untuk mencapai kecepatan dan ketinggian terbang dalam kondisi climbing di tentukan oleh aircraft performance pada engine dan dipengaruhi oleh ketinggian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian terhadap fuel air ratio, specific thrust, specific fuel consumption, efisiensi thermal, efisiensi propulsive serta efisiensi overall di turboprop engine 250-B17F. Mengetahui nilai specific fuel consumption di turboprop engine 250-B17F pada kondisi ideal dan real, dan mengetahui nilai specific fuel consumption yang paling kecil dengan pengaruh ketinggian 2000 ft, 4000 ft, 6000 ft dan 8000 ft pada kondisi real saat kondisi climbing. Metode yang digunakan adalah metode perhitungan, yang perhitungannya menggunakan software “Mathcad” dan “Microsoft Excel”. Untuk memulai perhitungan maka diperlukan beberapa parameter data input yang telah didapat dari referensi dan data pesawat pesawat Grob 120 TP-A. Parameter tersebut untuk mencari nilai spescific fuel consumption yang paling kecil pada kondisi climbing mulai dari ketinggian 2000 ft, 4000 ft. 6000 ft, dan 8000 ft, dengan interval kenaikan ketinggian per 2000 ft. Hasil dari penelitian ini menggunakan perbandingan analisis ketinggian dengan kondisi ideal dan real, maka didapatkan selisih kondisi ideal dan real nilai spescific fuel consumption pada ketinggian 2000 ft, 4000 ft, 6000 ft, dan 8000 ft. Nilai spescific fuel consumption ideal pada 2000 ft nilainya 0.575 mengalami penurunan pada 8000 ft nilainya 0.485, real pada 2000 ft 1.138 mengalami penurunan pada 8000 ft nilainya 0.832. Pada yang paling kecil pada kondisi climbing adalah pada ketinggian 8000 ft dengan nilai 0.811 (lbm/hr)/lbf. Kata Kunci : Spescific Fuel Consumption, Pesawat G120 TP-A Grob, Turboprop Engine, Climbing.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RIDHO ALIH NURSASONGKO
NIM : 13050022
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024