© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN ON TIME PERFORMANCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS JASA PADA MASKAPAI PENERBANGAN NAM AIR
Penulis
DANANG PRASETYA ALI MUKTI
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T. - Karseno KS., INZ., S.E., M.M.

ABSTRAK :
ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN ON TIME PERFORMANCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS JASA PADA MASKAPAI PENERBANGAN NAM AIR (Studi Kasus Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta) Oleh: Danang Prasetya Ali Mukti 13050036 ABSTRAK On time performance menjadi faktor krusial yang perlu diperhatikan dan merupakan produk utama bagi maskapai penerbangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian on time performance maskapai penerbangan NAM Air distrik Yogyakarta dan meminimalisir keterlambatan penerbangan untuk upaya peningkatan kualitas jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan dua alat pengukuran kualitas yaitu Diagram Pareto dan Metode Fishbone. Penggunaan Diagram Pareto adalah untuk menemukan dan memusatkan perhatian pada masalah paling dominan. Penggunaan Metode Fishbone adalah untuk menemukan penyebab dari masalah paling dominan. Hasil penelitian diketahui tingkat pencapaian on time performance maskapai penerbangan NAM Air distrik Yogyakarta sebesar 60% yaitu memiliki keandalan yang buruk. Ditemukan dua masalah paling dominan yang mengakibatkan keterlambatan keberangkatan pada maskapai penerbangan NAM Air distrik Yogyakarta yaitu, faktor teknis operasional dan faktor non teknis operasional. Dengan Metode Fishbone ditemukan penyebab dari kedua masalah dominan dan hasil tersebut menunjukkan bahwa permasalahan berada di dalam kegiatan operasional yang merupakan keterlambatan faktor internal adalah kesalahan pada prosedur, manusia, mesin. Dan faktor eksternal adalah kekurangan fasilitas dan infrastruktur. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan pencegahan dan meminimalisir keterlambatan penerbangan untuk memperbaiki pencapaian on time performance sebagai sarana meningkatkan kualitas jasa. Kata kunci: On time performance, keterlambatan, keandalan, kualitas jasa


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DANANG PRASETYA ALI MUKTI
NIM : 13050036
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024