ABSTRAK :
Ignition system merupakan salah satu sistem yang berperan penting dalam
proses pembakaran diruang bakar pada engine pesawat. ignition dibutuhkan
untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang akan menghasilkan
tenaga. Dalam operasional pesawat, ignition cukup sering dilaporkan mengalami
kegagalan. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisa lebih lanjut untuk mengetahui
penyebab kegagalannya.
Analisa dilakukan dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis,
dimana permodelan menggunakan diagram pohon kesalahan yang menunjukkan
faktor-fakor dan kemungkinan yang menyebabkan komponen ignition mengalami
kegagalan. Pada langkah pertama melakukan pengumpulan data penggantian
komponen pesawat selama operasional, lalu mendefinisikan kegagalan yang
terjadi, dan memodelkan kegagalan yang dilengkapi analisis kegagalan. Langkah
terakhir yaitu mulai menyusun diagram FTA dan melakukan evaluasi dengan
minimal cutset.
Dari data analisa pemeliharaan pesawat pada tahun 2013 sampai dengan
tahun 2017, igniton sering mengalami worn out sedangkan melalui gambar FTA
dan dilakukan proses evaluasi dengan menggunakan metode minimal cutset
diperoleh 12 faktor resiko yang berkontribusi menyebabkan kegagalan pada
ignition.
Kata Kunci: Kegagalan, Ignition, FTA, Cessna.
|