ANALISIS KEKUATAN STRUCTURE REPAIR PADA
FUSELAGE SKIN BSTA 400-420 STRINGER R 24-25 SECTION
43 PESAWAT BOEING 737-100 |
Penulis DENDI NUGRAHA
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu S, M.T. - Buyung Junaidin, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Structure repair manual merupakan panduan yang dikeluarkan oleh
manufaktur kepada pihak maintenance repair overhaul untuk melakukan repair.
Segala bentuk repair adalah usaha untuk memperbaiki sesuatu yang rusak agar
tetap bisa digunakan. Begitu juga dengan repair pada fuselage skin Bsta 400-420
Stringer R 24-25 section 43. SRM juga berfungsi sebagai acuan aktual dalam
melakukan suatu modifikasi SRM repair. Namun dalam SRM tidak dinyatakan
secara analisis bahwa repair tersebut aman. Sehingga perlu diketahui tingkat
keamanannya melalui analisis kekuatan struktur.
Analisis kekuatan struktur dilakukan menggunakan metode Elemen Hingga
yang terintegrasi dengan software CATIA V5R20. Melualui analisis
menggunakan software CATIA V5R20 diketahui nilai tegangan maksimum pada
daerah kritis ketika suatu struktur mengalami pembebanan, sehingga tegangan
maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan Margin of Safety dari
struktur yang dianalisis.
Hasil analisis menggunakan software CATIA V5R20 didapatkan bahwa
margin of safety dari struktur SRM repair pada kasus internal pressure adalah
sebesar 0,14, sedangkan untuk kasus tension load margin of safety nya adalah
sebesar 8,56. Sedangkan untuk struktur modifikasi SRM repair pada kasus
internal pressure margin of safety nya adalah sebesar 0,43. Dan untuk kasus
tension load margin of safety nya adalah sebesar 9,67.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: DENDI NUGRAHA |
|
NIM |
: 13050106 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|