ABSTRAK :
Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi yang paling efektif,
pengirimannya yang cepat dalam memenuhi kebutuhan konsumen,.kegiatan
pengangkutan muatan udara sering terbentur dengan terbatasnya daya angkut dari
pesawat, jumlah pesawat, jadwal penerbangan, perizinan lintas-batas antar negara,
serta masalah-masalah lainnya seperti penanganan kargo tidak sesuai prosedur
(cargo handling).
Terjadinya kerusakan kargo (damage cargo) diBandara Internasional
Adisutjipto Yogyakarta pada PT.Angkasa Pura 1 Logistik Cabang Yogyakarta. Serta
solusi apa yang bisa disumbangkan untuk perusahaan dalam rangka meningkatkan
kualitas pelayanan cargo handling di PT.Angkasa Pura 1 Logistik cabang
Yogyakarta.
analisis dalam penelitian ini menggunakan diagram fishbone pengolahan
data yang didapat adalah faktor penyebab kerusakan kargo (damage cargo) yang
paling utama adalah Total Quality Mnagement yang tidak berjalan baik dan faktor
human resource dalam handling cargo, environment yaitu area gudang kargo yang
kurang luas, juga menimbulkan kondisi penempatan cargo dan tata letak kargo yang
berlebihan dan kurang rapi menyebabkan adanya kerusakan cargo.
Kata Kunci: Cargo Damage, Fishbone, Managemen Quality
|