ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UDARA
TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN KARGO DI
BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA |
Penulis HARDJIAWAN EKSAKTA SARJANA
Pembimbing : Rully Medianto, ST., MT - Karseno KS, INZ, SE., MM
|
ABSTRAK :
kualitas pelayanan jasa angkutan Kargo merupakan hal yang sangat penting
dilakukan oleh perusahaan jasa secara periodik. Kualitas jasa harus dimulai dari
kebutuhan pelanggan dan berahir pada persepsi pelanggan. Hal tersebut
dilakukan untuk mengetahui bahwa citra kualitas yang baik bukanlah
berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia jasa saja, melainkan
berdasarkan dari persepsi pelanggan juga dibutuhkan sebagai konsumen yang
memakai layanan jasa angkutan Kargo.
Pengukuran kualitas pelayanan jasa ini dilakukan dengan skala likert
lima poin yang berdasarkan atas lima dimensi kualitas yaitu dimensi tangibility,
responsiveness, reability, assurance dan empathy. Alat yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berupa koesioner yang berisi daftar pernyataan tertulis
yang disusun berdasarkan variabel yang akan diteliti dan lima dimensi kualitas.
Hasil koesioner tersebut akan terbentuk dalam angka, tabel, analisa statistik dan
uraian serta kesimpulan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
secara keseluruhan kualitas pelayanan jasa angkutan Kargo di Bandar Udara
Internasional Adisutjipto Yogyakarta sudah cukup baik. Hasil yang diperoleh
berdasarkan persepsi pengguna jasa terhadap pelayanan jasa pada lima dimensi
kualitas. Nilai pada tiap dimensi pada tingkat kesesuaian atribut kualitas
pelayanan jasa angkutan Kargo berpengaruh positif pada kepuasan pengguna
jasa angkutan Kargo, sehingga terlihat dari hasil perhitungan tingkat kualitas
jasa angkutan Kargo di Bandar Udara Internasional Adisutjipto sudah memenuhi
atribut dasar.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: HARDJIAWAN EKSAKTA SARJANA |
|
NIM |
: 09050090 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|