© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

TRIP DISTRIBUSI PENUMPANG DOMESTIK PADA LIMA BANDAR UDARA DI PULAU JAWA MENGGUNAKAN MODEL GRAVITY DAN MODEL DETROIT
Penulis
MOH. ASRI ZATESA
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T - Sri Mulyani, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Transportasi udara merupakan transportasi jarak jauh yang cepat dan menghemat waktu dan tenaga dibandingkan transportasi lain. Untuk mengetahui sebaran pergerakan dimasa yang akan datang perlu dilakukan analisis dan perhitungan, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui total bangkitan dan tarikan serta trip distribusi dan matriks asal-tujuan (MAT) dimasa mendatang menggunakan model detroit dan model gravity batasan bangkitan dengan menggunakan tiga fungsi hambatan yaitu, fungsi pangkat, fungsi eksponensial negatif dan fungsi tanner pada lima bandar udara di Pulau Jawa tahun 2025 serta mengetahui perbedaan dari kedua model tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, seperti data pergerakan penumpang domestik dan informasi aksesisbilitas berupa harga tiket dari masing-masing bandar udara kajian. Analisis regresi linear digunakan untuk mendapatkan total bangkitan dan tarikan di masa mendatang serta digunakan untuk kalibrasi tiga fungsi hambatan model gravity. Dari hasil penelitian ini diketahui model yang paling baik adalah model gravity dengan batasan bangkitan dengan fungsi hambatan pangkat dikarenakan merupakan model dengan sum square of error terkecil dibandingkan fungsi hambatan lain dengan jumlah penumpang paling besar adalah rute CGK menuju SUB sebanyak 2.518.094 orang penumpang. Dari hasil perhitungan menggunakan model detroit didapatkan matrik asal tujuan (MAT) akhir setelah dilakukan perhitungan menggunakan proses iterasi sampai dengan iterasi ke 32 dengan jumlah penumpang paling besar adalah rute SUB menuju CGK sebanyak 2.760.708 orang penumpang. Perbedaan dari model gravity batasan bangkitan dan model detroit untuk memperoleh trip distribusi dimasa mendatang adalah model detroit tidak membutuhkan informasi aksesibilitas dan proses perhitungan dilakukan iterasi sedangkan model gravity menggunakan informasi aksesibilitas dan proses perhitungan meliputi kalibrasi parameter fungsi hambatan. Kata kunci : Trip Distribusi, Matriks Asal Tujuan, Model Gravity, Model Detroit


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MOH. ASRI ZATESA
NIM : 10050102
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024