ABSTRAK :
Jasa Ground Handling harus memperhatikan kualitas pelayanannya sesuai dengan
Prosedur yang sudah ditetapkan agar bisnis tersebut dapat bertahan dan berkembang.
Peranan jasa Ground Handling ini adalah untuk pelayanan Airlines yang diharapkan
mengeluarkan kemampuan pelayanan prima dalam melayani penumpang. Bandara
Internasional Presidente Nicolao Lobato Dili Timor Leste merupakan salah satu perusahaan
yang bergerak di bidang tersebut. Permasalahan yang terjadi adalah adanya keinginan dari
pihak perusahaan agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar sesuai prosedur, efektif
dan efisien, biaya operasi rendah dengan keuntungan yang tinggi.
Untuk mengkaji permasalahan diatas, maka dilakukanlah penelitian ini, setelah
mendapatkan data dari penelitian kemudian melakukan analisa SOP(Standard Operating
Prosedure) keterlambatan pesawat yang ditangani oleh Bandara Nicolao Lobato, serta
membuat grafik waktu keterlambatan yang dialami. Dari analisa tersebut bisa diambil
kesimpulan bahwa informasi pelaksanaan pelayanan oleh Bandara Internasional Presidente
Nicolao Lobato Timor Leste didapat dari koordinasi pihak maskapai dan pihak Bandar
Udara, pelaksanaan yang dilakukan sudah optimal. Hanya ada beberapa keterlambatan
yang disebabkan beberapa faktor yaitu faktor teknis dan non teknis,seperti cuaca,badai
petir,banjir dan kebakaran .
Kata kunci :Ground Handling, Pelayanan,Bandara Internasional Presidente Nicolao
Lobato Dili Timor Leste.
|