ABSTRAK :
Seiring berkembangnya teknologi di bidang penerbangan terutama pada pengembangan teknologi engine pesawat yang diharapkan mampu memberikan performa yang semakin baik. Engine tersebut meruapakan salah satu komponen utama pada pesawat yang perlu diperhatikan dengan baik. Engine tersebut perlu untuk dilakukan proses maintenance secara berkala dan diharapkan setelah melalui proses tersebut, engine akan memiliki performa yang baik sehingga tetap dapat digunakan dengan aman dan dapat mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam melakukan operasi penerbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui performa engine berdasarkan hasil dari proses maintenance engine tersebut. Dengan adanya kinerja yang maksimal maka power yang dibutuhkan pun tercapai dan penggunaan bahan bakar yang tetap efisien. Engine yang digunakan dalam penelitian ini adalah engine CFM56-7B.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data sangat mempengaruhi keakuratannya suatu data. Data-data tersebut diperoleh dari hasil perhitungan dan pengamatan dari data observasi, studi literatur maupun wawancara yang kemudian di analisa menjadi sebuah data deskriptif.
Setelah dilakukan analisis maka didapatkanlah bahwa dengan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai perhitungan nilai thrust 26872,60 lbs, nilai skala SFC adalah sebesar -3,5 %, dan nilai EGT adalah sebesar 888,7 oC. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah engine CFM56-7B pada posisi take off mempunyai performa yang baik dan siap dipakai untuk beroperasi kembali.
Kata kunci : Thrust, Specific Fuel Consumption (SFC), dan Exhaust Gas Temperatur (EGT)
|