© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA TERHADAP SIMULASI TINGKAT KEBISINGAN ALAT INSTRUKSI GAS TURBINE ENGINE DALAM RANGKA PENETUAN LOKASI PENEMPATANNYA DI KAMPUS STT ADISUTJIPTO
Penulis
AL ROSYID RIDLO RAHMATULLOH
Pembimbing : Kris Hariyanto, ST., MT - Eko Poerwanto, ST., M.Sc

ABSTRAK :
STT Adisutjipto sebagai institusi yang berwawasan dirgantara diwajibkan untuk mempunyai fasilitas aircraft maintenance. Untuk kepentingan pendidikan di bidang mesin turbin gas diperlukan alat instruksi berupa mesin turbin gas (gas turbine engine). Selain untuk kepentingan pendidikan juga dapat digunakan mahasiswa khususnya teknik penerbangan untuk menganalisa performa mesin turbin gas tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan tingkat kebisingan pada gas turbine engine dan menganalisa tata letak arah gas turbine engine dilingkungan kampus STT Adisutjipto. Metode penelitian dengan membandingkan studi literatur untuk melihat standar kebisingan yang berlaku di Indonesia dengan data pengukuran kebisingan di lingkungan perawatan pesawat terbang, untuk beberapa jarak dari sumber kebisingan (pesawat yang melakukan engine performance test) pada kecepatan maximum power, kecepatan normal speed ground idle, dan low speed ground idle pada jarak 20 meter, 40 meter,dan jarak 60 meter. Dilanjutkan dengan simulasi penempatan posisi arah engine menggunakan software golden surfer 13. Hasil pengukuran tingkat kebisingan untuk beberapa jarak dari sumber kebisingan (pesawat yang melakukan engine performance test) menunjukkan tidak ada alternatif yang dapat digunakan untuk penempatan di area kampus STT Adisutjipto, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.178 Tahun 1987 tentang kebisingan, maka institusi pendidikan berada pada Zona B dengan standar tingkat kebisingan yang diijinkan sebesar 45–55 dB. Berdasarkan solusi alternatif engine diposisikan di lapangan sepak bola sebelah timur laut kampus STT Adisutjipto, arah exhaust menghadap ke timur yang paling memungkinkan untuk dapat digunakan, dengan resiko tingkat kebisingan dapat dikurangi dengan menempatkan posisi pesawat untuk engine performance test menghadap ke barat sehingga tingkat kebisingan tertinggi akan terbuang ke arah timur. Hal ini dapat dimungkinkan dengan syarat jarak dari pengoperasian gas turbine engine dengan gedung perkuliahan sejauh ± 320 m. Kata Kunci: Kebisingan, Gas Turbin Engine, Perawatan Pesawat Terbang, STT Adisutjipto, Software Golden Surfer 13


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AL ROSYID RIDLO RAHMATULLOH
NIM : 12050095
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024