ABSTRAK :
Kenaikan jumlah kendaraan bermotor khususnya roda dua mengakibatkan
polusi di udara terutama Hydro Carbon (HC), Carbon Monoksida (CO), dan Nitrogen
Oksida (NOx) sebagai hasil pembakaran pada kendaraan bermotor. Salah satu cara
mengurangi kadar emisi gas buang adalah menambahkan catalytic converter pada
saluran gas buang.
Penelitian ini dilakukan dengan memasang catalytic converter berbahan zeolite
pada knalpot motor Honda Supra X 125 tahun 2006 yang bertujuan mengetahui
pengaruh variasi lubang pada catalytic converter menggunakan batu zeolite terhadap
penyerapan gas buang, torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Catalytic converter
terdiri dari 3 variasi yaitu 3 lubang dengan diameter lubang 8 mm, 4 lubang dengan
diameter lubang 6 mm dan 6 lubang dengan diameter lubang 4 mm. Variasi putaran
mesin yang digunakan 2000 rpm, 4000 rpm, dan 6000 rpm.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan catalytic converter berbahan
zeolite dapat menurunkan kadar CO sebesar 9,527% hingga 21,6%; kadar HC sebesar
59,11% hingga 65,17%; daya sebesar 3,8% hingga 6,5%; dan torsi sebesar 4% hingga
6%. Dengan demikian, semakin sedikit jumlah lubang dengan diameter lubang yang
besar pada catalytic converter berbahan zeolite tidak menunjukkan perubahan daya dan
torsi yang signifikan. Penggunaan catalytic converter berbahan zeolite dapat
meningkatkan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 7,8% hingga 8%. Semakin
sedikit jumlah lubang dengan diameter lubang yang besar pada catalytic converter
berbahan zeolite tidak menunjukkan perubahan konsumsi bahan bakar spesifik yang
signifikan.
Kata kunci: catalytic converter, gas buang, daya, torsi, konsumsi bahan bakar
|