ABSTRAK :
Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang dalam pengoperasiannya
merujuk pada semua prosedur pengoperasian yang berlaku. Walaupun demikian,
tetap saja kemungkinan kecelakaan ada. Demi menunjang dan membantu manusia
dalam mengetahui dan mempelajari penyebab kecelakaan pesawat terbang maka
dipasanglah CVR dan FDR di pesawat terbang. Parameter-parameter yang
terekam oleh CVR dan FDR masih dalam bentuk binary data sehingga perlu diolah
menggunakan software Flightscape dan aplikasi Google Earth agar dapat
direpresentasikan dan dipahami untuk membantu proses analisis. Adapun tujuan
utama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai kecepatan stall yang dialami
oleh pesawat terbang A320 yang dianalisis.
Metode yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu metode
simulasi di Flightscape (Insight Analysis dan Insight Animation) untuk medapatkan
video/animasi rekonstruksi kecelakaan penerbangan, dan metode analisis secara
manual untuk mendapatkan kecepatan stall pesawat.
Berdasarkan hasil analisis maka nilai kecepatan stall yang dialami oleh
pesawat adalah 347,4775 kts (saat stall warning pertama) dan 150,3533 kts (saat
tiga detik sebelum crash).
Kata kunci: FDR, stall, rekonstruksi, flightscape, google earth
|