© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PEMODELAN MATEMATIK SISTEM HIDROLIK PADA PROSES MAIN LANDING GEAR EXTENSION DAN RETRACTION PESAWAT BOEING 737 – 900 ER DENGAN PROGRAM MATLAB SIMULINK 7.10.0 (R2010a)
Penulis
RAHMAT SUWANDI
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, ST., MT - Karseno KS, INZ, SE., MM

ABSTRAK :
Permasalahan yang sering muncul pada sistem hidrolik saat main landing gear dilakukan extension dan retraction adalah pengontrolan gerak hidrolik dan gerak fluida yang sangat besar pengaruhnya pada proses kerja hidrolik dimana aliran fluida itu harus dipastikan atau diatur sedemikian rupa agar dapat bekerja dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, maka digunakanlah sebuah sistem pemodelan matematik yakni dengan tujuan untuk membuat representasi atau tiruan dari sistem sebenarnya, yang menghubungkan keluaran sistem dengan masukannya dalam suatu hubungan matematik dan nilai – nilai parameternya. Penelitian dilakukan dengan metode observasi dan studi literatur untuk memperoleh data serta perhitungannya. Hasil dari pembahasan skripsi ini didapatkan bahwa gambaran respon dan karakteristik dinamik dari controller PID dalam fungsi transfer pada sistem hidrolik saat main landing gear extension dan retraction pesawat Boeing 737 – 900 ER yang paling mendekati adalah saat percobaan ke 5 dengan menginputkan nilai controller PID sebesar P=13 I=4 D=3 dengan nilai error sebesar 0,01887 dan overshoot sebesar 1,0002. Dengan nilai error yang kecil atau berada batasan nilai 2% dan gambaran responnya tidak mengalami overshoot yang besar, maka gambaran respon yang sesuai dengan diharapkan yaitu pada percobaan ke 5 dimana nilai error yaitu sebesar 0,01887 dan overshoot sebesar 1,0002. Dan dikarenakan gambaran respon yang dengan overshoot kecil ini maka keakuratan sistem akan berhenti pada titik yang sesuai dengan sistem sebenarnya. Dengan menggunakan pemodelan ini maka respon dari gerakan main landing gear extension dan retraction dapat dipelajari dengan baik sehingga memberi pemahaman yang baik atas kinerja sistem hidrolik tersebut. Kata Kunci: pemodelan matematik, main landing gear, Matlab Simulink, PID.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RAHMAT SUWANDI
NIM : 13050030
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024