ABSTRAK :
Dalam lingkungan persaingan global yang semakin ketat saat ini, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pengujian koefisien tahanan tersebut. Pengujian koefisien tahanan angin suatu kendaraan dapat dilakukan di dalam terowongan angin baik dalam ukuran kendaraan yang sebenarnya maupun dalam ukuran skala. Tetapi cara tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu desainer maupun industri mulai memanfaatkan komputasi dan simulasi numerik Computational Fluid Dynamics (CFD) sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut untuk memperoleh data yang cepat dan menghemat biaya yang harus dikeluarkan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Drag Coefficient (CD) dan Lift Coefficient (CL) pada desain mobil Mercedes Benz SLS AMG Coupe 2012 dan mengetahui distribusi aliran udara pada variasi kecepatan 59,73 m/s; 73,62 m/s; dan 87,5 m/s yang penambahannya dengan memodifikasi satu bentuk spoiler dengan sudut kemiringan 15o, 25o, 35o, dan tanpa spoiler. Model desain ini menggunakan software Autodesk 3Ds Max 2016. Data simulasi menggunakan software Solidwork 2012 dan visual menggunakan software Autodesk Flow Design.
Dari hasil simulasi pada pengujian spoiler, sudut 25o memiliki gaya hambat dan gaya angkat paling kecil (CD= 0,365; CL=0,433) pada kecepatan 59,73 m/s karena sudut 25o memiliki tekanan paling besar dari sudut 15o, 35o dan tanpa spoiler.
Kata kunci: CFD, spoiler, Autodesk 3Ds MAX 2016, Solidwork 2012, Autodesk Flow Design.
|