ABSTRAK :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu pesat
menuntut sumber daya manusia untuk bersinergi dengan kemajuan teknologi
terutama dalam bidang penerbangan. Pesawat terbang merupakan suatu kemajuan
teknologi yang sangat luar biasa bagi dunia. Keselamatan awak beserta seluruh
penumpang dalam pesawat sangat
bergantung pada keamanan dari pesawat
tersebut, sehingga keamanan dari pesawat perlu diperhatikan guna
mencegah
terjadinya kecelakaan.
Pesawat C130Hercules merupakan pesawat militer yang
menggunakan jenis engine turboprop.
Crack yang terjadi pada struktur
pesawat
terutama pada blade propeller
sangat berdampak pada keamanan dari pesawat
tersebut. Untuk itu maka perlu dilakukan repair dan analisis untuk me
njaga
struktur pesawat tetap aman.
Dalam memodelkan dan menganalisis blade propeller pesawat C130 H
ercules,
terlebih dahulu harus mengetahui dimensi dan jenis material blade propeller yang
akan didesain dan akan dianalisis menggunakan software CATIA V5R21 untuk
mengetahui nilai margin of safety dari blade propeller tersebut.
D
alam skripsi ini
penulis me
modelkan
blade propeller C130 Hercules
dal
a
m tiga ko
ndisi yaitu
blade
normal, blade crack dan blade repai
r
. Penentuan beban yang akan digunakan,
dalam hal ini penulis menggunakan beban yang terjadi pa
da blade propeller saat
terbang yaitu meliputi thrust,
drag, torsi dan gaya sentrifugal.
Dari analisis yang dilakukan didapatkan nilai tegangan maksimal dari setiap
blade sebagai berikut yaitu blade normal sebesar
4
.
58
×
10
8
푁
푚
2
⁄
, blade crack
sebesar
1
.
08
×
10
9
푁
푚
2
⁄
dan blade repair sebesar
4
.
87
×
10
8
푁
푚
2
⁄
. Sehingg
a
berdasarkan nilai tegangan maksim
al dapat dihi
tung nilai margin of safety dari
setiap blade sebagai berikut yaitu blade normal
0
.
098
, blade crack
−
0
.
534
dan
blade repair
0
.
032
.
Kata kunci
: Pemodelan dan Analisis,
CATIA V5R21,
Blade Propeller
C130
Hercu
les
|