ABSTRAK :
Structure repair
merupakan salah satu kegiatan perawatan pesawat terbang
dimana perawatan ini lebih khusus menangani struktur dari suatu pesawat terbang
yang terkena kerusakan atau
damage
, sehingga perlu adanya tindakan atau
perlakuan terhadap kerusakan atau
damage
terseb
ut sesua
i dengan prosedur yang
telah di
tetapkan.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk melakukan
pemodelan
,
menghitung tegangan maksimum
, serta menghitung nilai Margin of
Safety dari skin leading edge horizontal stabilizer tanpa damage, dengan
damage
dan repair.
Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA
V5R
21
. Metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis statik dengan
memanfaatkan fasilitas pada softw
are CATIA yaitu generative struc
tural analysis.
Pada peneliti
an ini pembebanan yang digunakan adalah beban manouv
er
steady
turn
.
Pada pembebanan ini terdapat tiga variasi sudut banking yaitu 15°, 30° dan
45°.
Dari analisis dengan menggunakan software CATIA V5R
21 ini
didapatkan
hasil bahwa struktur repair
skin leadin
g edge horizontal stabilizer
pesawat Boeing
737
-
800 NG
dapat dimodelkan dengan CATIA V5R21 dengan skala 1:1 dari tahap
part design hingga assembly design.
Nilai tegangan maksimum yang dialami skin
leading edge horizontal stabilizer adalah
2
42
MPa pada
variasi sudut banking 45°.
Nilai untuk Margin of
Safety tertinggi adalah
2.080
pada variasi sudut banking 15
°
.
Sedangkan untuk nilai Margin of Safety terendah terdapat pada variasi sudut
banking 45
°
sebesar
0.
426
.
Kata kunci:
Structure,
Repair
,
Skin
,
Lead
ing Edge
,
Horizontal Stabilizer
,
Margin of
Safety,
CATIA V5R
21
|