ABSTRAK :
Landing gear adalah salah satu komponen pesawat yang sangat penting karena
berfungsi untuk menopang beban pesawat secara keseluruhan ketika berada di darat
maka dari itu,
kekuatan struktur merupakan faktor utama yang harus diperhatikan
dalam des
a
in dan
pembuatan landing gear supaya kemungkinan terjadinya
kegagalan struktur akan menjadi sangat kecil
.
Seringnya terjadi kerusakan pada
main landing gear pesawat UAV membuat penulis memodifikasi desain main
landing gear yang sudah ada dengan tujuan mendapatkan
desai
n yag lebih baik
dan lebih kuat. Dalam memodelkan dan memodifikasi serta melakukan analisis
penulis menggunakan software catia V5R21. Material yang
digu
nakan dalam
memodifikasi main landing gear ini ialah alumunium 6061.
Pada proses
modifikasi didap
at dimen
s
i main landing gear awal pesawat UAV
Ambaroba adalah (tinggi 170 mm, panjang 320 mm, lebar 40 mm, tebal 5mm) dan
dimensi main landing gear modifikasi adalah (tinggi 150 mm, panjang 400 mm, lebar 40
mm tebal 5 mm), dalam melakukan pembebanan penuli
s menggunakan 4 jenis
pembebanan diantaranya ialah beban static maksimum, beban 3G, beban one gear
landing, beban take off run.
Dari hasil
analisis yang dilakukan didapatkan nilai
tegangan terbesar
7.98x10
6
N
/
m
2
untuk model main landing gear awal dan
4.47x10
6
N
/
m
2
untuk main landing gear
modifikasi, dengan menggunakan pembebanan yang terbesar yaitu beban 3G.
Nilai
margin of sa
f
ety dari kedua model adalah aman namun
nilai
MS dari main landing gear
modifikasi dua kali lebih besar dari MS main landing gear
model awal
.
Kata kunci
:
Analisis
,
main landing gear
,
UAV Ambaroba
|