ABSTRAK :
Nose Radome merupakan bagian dari pesawat yang berfungsi untuk
menempatkan antena radar dan untuk melindunginya dari lingkungan fisik
(hujan, angin, es, tekanan aerodinamis) dan harus disesuaikan dengan
aerodinamis dari pesawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pada
permukaan material nose radome terhadap erosi pasir menggunakan metode
sandblasting dan kepekaan material dalam menerima gelombang elektromagnetik
dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik pada smartphone yang berfunsi
sebagai transmitter dan receiver, kemudian dibandingkan hasilnya antara material
asli dan material hasil repair, serta mengetahui kekuatan daya rekat sealant PR
1442-A2 menggunakan metode lap-shear adhesive.
Metode penelitian yang digunakan adalah visual test dan dokumen yang
digunakan dalam SOP (Standard Operating Procedure) SRM (Structure Repair
Manual), Aircraft Maintenance Manual, melakukan percobaan dengan menambah
material Sealant yang digunakan untuk melapisi permukaan Radome sebagai sistem
proteksi. Serta membuat spesimen single-lap joint dengan komposisi fiberglass
kemudian digabungkan dengan sealant sebagai perekat kemudian dilakukan
pengujian daya rekat.
Kualitas permukaan nose radome yang diproteksi dengan sealant lebih tahan
terhadap erosi pasir dan dapat ditembus oleh gelombang elektromagnetik, pengujian
daya rekat sealant menggunakan metode Lap shear adhesive menunjukan bahwa
kekuatan ikatan dipengaruhi oleh luas area pada bond line semakin luas ukuran yaitu
300,85 mm² pada bond line maka semakin tinggi juga gaya yang dapat diterima suatu
bahan yaitu sebesar 290,17 N.
Kata
|