© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

DESAIN INTERNAL STRUKTUR DAN ANALISIS STRUKTUR SAYAP PADA PESAWAT SMALL UAV
Penulis
YOGI PUTRA PAMUNGKAS
Pembimbing : Buyung Junaidin ST., MT. - Ir. Djarot Wahju Santoso MT.

ABSTRAK :
SMALL UAV merupakan pesawat tanpa awak yang digunakan untuk misi surveillance. Sayap pada pesawat Small UAV merupakan bidang yang dirancang untuk terbang dalam jarak jauh dan dengan rentang waktu yang lama. Desain internal struktur sayap pada pesawat Small uav sangatlah diperhatikan dalam perhitungannya. Desain struktur yang dicari ialah jumlah rib, rib pitch dan bahan material. Sayap mengalami tegangan geser atau beban tekanan akibat aliran udara yang melewati permukaan sayap pesawat yang terdistribusi melalui struktur pesawat. Sayap pesawat harus kuat dan mampu bertahan, karena itu perlunya melakukan simulasi serta menentukan tegangan dan deformasi yang terjadi pada sayap pesawat Small UAV. Pada simulasi aliran udara dan struktur mengunakan ANSYS. Simulasi dimulai dahulu dengan membuat model pada software CATIA selanjutnya mengimport model ke software ANSYS serta mendifinisikan kondisi batasnya. Output yang diperoleh melalui simulasi berupa tegangan dan deformasi. Simulasi dilakukan dengan variasi ⁄ , n = 1, n = 1.5, dan n = 3. Boundary condition pada simulasi digunakan pada ketinggian 300m dari sea level. Hasil dari penelitian ini menunjukan desain struktur yang didapatkan jarak antar rib sebesar 0,12 m, jumlah rib yang didapatkan sebanyak 36 rib. Jenis material yang digunakan pada upper skin, lower skin dan rib ialah kayu balsa soft, sedangkan material yang digunakan pada spar ialah aluminum alloys 6061. Distribusi tegangan yang terjadi pada sayap pesawat Small UAV yaitu: Sayap pada Cruise Speed sebesar 2,0614 × 107 Pa. Sayap dengan n = 1 sebesar 1,9061 × 107 Pa. Sayap dengan n = 1,5 sebesar 3,1254 × 107 Pa. Sayap dengan n = 3 sebesar 6,7635 × 107 Pa. Deformasi yang terjadi pada sayap pesawat Small UAV yaitu : Sayap pada Cruise Speed sebesar 9, 1529 × 10-3 m, Sayap dengan n = 1 sebesar 8,6084 × 10-3 m, Sayap dengan n = 1,5 sebesar 13,863 × 10-3 m, Sayap dengan n = 3 sebesar 29,724 × 10-3 m. Sehingga diperoleh nilai Margin of Safety (MS) lebih besar dari nol maka sayap dinyatakan aman.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YOGI PUTRA PAMUNGKAS
NIM : 12050007
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024