ANALISA FATIGUE DAN DAMAGE TOLERANCE AKIBAT PEMASANGAN
ANTENA DME PADA PESAWAT CN 235-220M NAL2 |
Penulis MONIKA JESSYA PUTRI MERE
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu S, MT - Kris Hariyanto, ST., MT
|
ABSTRAK :
Dalam pengoperasiannya, pesawat menggunakan alat bantu navigasi. Salah satu alat bantu
navigasi yang dipasangkan pada pesawat CN 235-220M NAL2 adalah Distance Measuring Equipment
(DME). Distance Measuring Equipment merupakan sebuah alat yang memberikan informasi jarak dan
posisi pesawat terbang dengan ground station. Penelitian yang dilakukan adalah menganalisa kekuatan
struktur pada pesawat akibat pemasangan antena DME pada pesawat CN235-220M NAL2, hal ini
sangat penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar efek dari pemasangan antena tersebut
terhadap kekuatan dari struktur pesawat sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya pelubangan pada
skin yang akan mempengaruhi kekuatan struktur pesawatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui umur kelelahan (fatigue life) dan toleransi kerusakan (Damage Tolerance Analysis )pada
pesawat CN 235-220M NAL2 akibat pemasangan antena DME pada frame 24-25 dan stringer P29L –
P29R.
Untuk mengetahui umur kelelahan (fatigue life) dibutuhkan data blok spektrum dan konsentrasi
tegangan. Pada penelitian ini analisa fatigue life menggunakan software FATPRO. Data yang butuhkan
untuk analisa Damage Tolerance Analysis adalah nilai beta factor, panjang retak awal, data kurva
da/dN. Analisa Damage Tolerance Analysis dilakukan dengan menggunakan software A6PF.
Umur fatigue (fatigue life) pesawat CN 235-220M NAL2 akibat pemasangan antena DME adalah
2955980 flight yang melebihi asumsi dari design service life pesawat CN 235-220M NAL2 sehingga dapat
disimpulkan bahwa tidak akan terjadi inisiasi retak selama pesawat beroperasi dan hasil dari Damage
Tolerance Analysis yang dilakukan adalah retak bertambah 0.0214 in. dari asumsi retak awal yang
berukuran 0.05 in. menjadi 0.07140 in. selama asumsi design lifenya yaitu 60000 flight cycle. Maka
dapat disimpulkan bahwa pemasangan antena DME pada pesawat CN 235-220M NAL2 masih dapat
menahan beban yang diaplikasikan dengan aman selama 60000 flight.
Kata kunci : fatigue life, damage tolerance, FATPRO, A6PF
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MONIKA JESSYA PUTRI MERE |
|
NIM |
: 09050014 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|