© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEKUATAN PADA STRUKTUR RANGKA UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI ENGINE MOUNTING PESAWAT SEKELAS GROB G120TP-A
Penulis
TEGUH JUANDA
Pembimbing : Ir Djarot Wahyu Santoso, MT - Hendrix Novianto, ST., MT

ABSTRAK :
Salah satu bagian struktur pesawat yang sangat vital adalah engine mounting. Pada pesawat Grob G120TP-A.engine mounting selain menahan berat engine saat bermanuver juga menahan gerakan propeller. Perlu dilakukan analisis kekuatan struktur pada model yang menyerupai engine mounting untuk mengetahui seberapa besar kekuatan struktur engine mountingtersebut sehingga diketahui batasan-batasan putaran engine dan manuver yang aman dalam penerbangan. Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIAV5R16. Terdapat dua pembebanan berbeda dalam analisis ini yaitu pembebanan padasaat engine on the groundan pembebanan saat melakukan manuver (n=6 dan n=-4), dilakukan dengan empat variasi ukuran mesh yaitu mesh 5mm, 7,5mm dan10mm. Analisis juga akan dilakukan menggunakan perhitungan euler buckling load pada tiap-tiap bagian struktur. Dari analisis dengan menggunakan software CATIA didapatkan hasilbahwa stuktur engine mounting seluruhnya aman. Nilai tegangan maksimumpada load factor sebesar 6 G adalah1,9654x108 N/m2 atau 196,54 MPa dan nilai marginof safety sebesar 1,21. Analisis menggunakan perhitungan euler buckling,nilai margin of safety pada bagian struktur yang mendapatkan euler buckling load terbesar sebesar 33,65. Kata kunci : Grob G120TP-A,Engine Mounting, CATIA V5R16, Analisis Statik , Euler Buckling Load, Tegangan, Margin ofSafety.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : TEGUH JUANDA
NIM : 06150154
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024