ABSTRAK :
Aileron adalah salah satu bagian flight control pesawat terbang yang terletak di wing pesawat. Aileron Merupakan bidang kendali pada saat pesawat melakukan roll yang bergerak pada sumbu longitudinal (sumbu yang memanjang dari nose hingga ke tail). Aileron dikendalikan dari cockpit dengan menggunakan stick control. Jenis kestabilan yang dilakukan aileron adalah menyetabilkan pesawat dalam arah lateral. Pergerakan aileron berkebalikan antara kiri dan kanan, berdefleksi naik atau turun. Pada aileron control system ini mendapat bermacam-macam pembebanan yang terus berulang, Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi penulis untuk menganalisis kekuatan struktur dari pada aileron control system.
Dalam laporan skripsi ini, metode yang digunakan adalah metode analisis struktur sementara perhitugan dilakukan dengan perhitungan analitik. Dari perhitungan maka akan didapatkan nilai Margin of Safety.
Hasil yang didapat melalui analisis adalah nilai tegangan akibat beban bending terbesar 16,200 daN/mm2, beban buckling terbesar 941,604 daN dan tegangan geser akibat torsi terbesar 12,176 daN/mm2. Nilai Margin of Safety (MS) yang dihitung untuk tiap-tiap komponen mendapat nilai positif yang berarti tiap-tiap komponen dapat dikatakan aman ketika mengalami pembebanan.
Kata kunci: Aileron flight control, analisis struktur, Margin of Safety,
|