ABSTRAK :
Rudder merupakan bidang kendali pada saat pesawat melakukan yaw, yang
terletak pada vertical stabilizer. Rudder bergerak pada sumbu vertical (sumbu
memanjang tegak lurus terhadap center of gravity dari pesawat).Rudder
dikendalikan dari cockpit dengan menggunakan rudder pedal. Jenis kestabilan
yang dilakukan rudder adalah menyetabilkan pesawat dalam arah direksional.
Pergerakan rudder berdefleksi ke kiri atau kanan. Rudder control system
mendapat berbagai macam pembebanan yang berulang, sehingga melatar
belakangi penulis untuk menganalisis kekuatan struktur dari rudder control system.
Dalam laporan ini akan dibahas perhitungan load dan analisis kekuatan dari
rudder control system pada pesawat N219.
Dalam analisis ini, metode yang digunakan adalah metode analisis struktur
untuk mengetahui kekuatan dari rudder control system. Perhitungan dilakukan
dengan perhitungan analitik. Dari perhitungan ini dapat diketahui nilai Margin of
Safety (batas keamanan) dari komponen yang dianalisis.
Dari analisis didapatkan tegangan akibat bending terbesar 32,6 daN/mm2
terjadi pada rocker arm, critical buckling terbesar 8828,5 daN terjadi pada rod
tube dan tegangan geser akibat torsi terbesar 5,83 daN/mm2 terjadi pada
intermediate shaft.nilai Margin of Safety (MS) yang dihitung pada tiap-tiap
komponen rudder control system di pesawat N219 bernilai positif (+) yang
menunjukkan aman ketika mengalami pembebanan.
|