© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH OVERHAUL FUEL NOZZLE TERHADAP PERFORMANCE ENGINE T56-A-15 PESAWAT C-130 HERCULES
Penulis
HANDI HARI KUSUMA
Pembimbing : Rully Medianto, S.T., MT - Sri Mulyani, S.T.

ABSTRAK :
Pesawat terbang Hercules C-130 adalah pesawat angkut serbaguna yang memiliki kemampuan tinggal landas dan mendarat dengan landas pacu yang relative pendek. Salah satu type Engine yang terpasang pada C-130 Hercules adalah Engine T56-A-15. Didalam engine ini terdiri dari banyak system yang salah satunya adalah fuel system. Fuel Nozzle sebagai salah satu komponen dari fuel system berfungsi untuk menyemprotkan fuel kedalam ruang pembakaran pada saat engine beroperasi. Keberadaan kualitas fuel nozzle merupakan salah satu komponen penting untuk menghasilkan performance engine, sehingga perlu dikaji dan dianalisa bagaimana perawatan dan overhaul sehingga performa fuel nozzle terhadap performa engine pada trottle kondisi Flight Idle sehingga akan mendapatkan performa yang maksimal dan sempurna yang sesuai dengan limitasi yang telah ditentukan pada Maintenance Manual Books T56-A-15 pada pesawat terbang C-130 Hercules limitasi. Pengujian dilakukan di fuel nozzle test bench dengan menghasilkan data-data yang bisa digunakan dan diperbandingkan kualitas fuel nozzle mana yang mampu mempengaruhi performance engine T56-A-15. Fuel nozzle yang mempunyai data-data awal dengan hasil diantara nominal limitasi akan mampu lebih baik menghasilkan performance engine yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain (data-data diluar limitasi). Untuk pengujian performance engine T56-A-15 dilakukan di engine test cell maka didapatkan data run sheet yang bisa digunakan untuk perbandingankan hasil performance engine pada sebelum overhaul dan setelah overhaul maka akan didapatkan hasil yang lebih baik dan sempurna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fuel nozzle sebelum overhaul mempunyai performance engine yaitu Spesifik Thrust 23,36 N/(kg/sec) dan setelah Overhaul meningkat 590,86 N/(kg/sec), Sebelum Overhaul Efisiensi Fuel Consumption 25,52 (mg/sec)/N dan setelah Overhaul menjadi 2,57 (mg/sec)/N, Sebelum Overhaul Efeciency Propulsive 40,44 persen dan setelah Overhaul meningkat 54 persen, Sebelum Overhaul Efeciency Thermal 2,47 persen dan setelah Overhaul meningkat 24,56 persen, Sebelum Overhaul Efeciency Overall 0,99 persen dan setelah Overhaul meningkat 13,26 persen. Kata kunci : FUEL NOZZLE, ENGINE T56-A-15,PERFORMANCE


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : HANDI HARI KUSUMA
NIM : 10050108
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024