ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek
terhadap loyalitas konsumen maskapai penerbangan Air Asia. Loyalitas
konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk
mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan
untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas konsumen
adalah dengan membentuk citra merek yang baik di mata konsumen.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner
(primer) dan beberapa observasi data kepustakaan (sekunder) mengenai
maskapai penerbangan Air Asia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi
linier berganda dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa
variabel citra merek yang terdiri dari dimensi citra perusahaan, citra pemakai,
dan citra produk secara bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang
positif terhadap variabel loyalitas konsumen. Berdasarkan uji t, citra perusahaan
berpengaruh negatif dan tidak signifikan (fluktuatif) terhadap loyalitas konsumen,
citra pemakai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen,
dan citra produk berpengaruh positif dan tidak signifikan (fluktuatif) terhadap
loyalitas konsumen. Dari penelitian ini diperoleh nilai R sebesar 0,269, hal
tersebut berarti bahwa 26,9% variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh
variabel independennya, yaitu citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk,
sedangkan sisanya sebesar 73,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar
penelitian ini.
|