ANALISIS ATRIBUT JASA PENERBANGAN YANG MEMPENGARUHI
KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE KANO DI
BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA |
Penulis JOJA DA SILVA SARMENTO
Pembimbing : Drs. C. Suhardiwarno, M.,Si - Karseno KS, INZ,SE.,M.M
|
ABSTRAK :
Di tengah persaingan antar maskapai penerbangan yang semakin ketat,
banyak upaya yang dilakukan maskapai-maskapai penerbangan, tak terkecuali Lion
Air. Sebagai salah satu maskapai yang cukup lama di Indonesia Lion masih cukup
stabil dalam bersaing dengan maskapai penerbangan baru lainnya. Lion Air
mencari, menarik dan mempertahankan pelanggan untuk memuaskan pengguna
jasanya, terutama melalui sisi performa pelayanannya.
Metode yang penulis gunakan adalah metode Kano. Metode Kano adalah metode
yang bertujuan untuk mengkategorikan atribut-atribut dari produk maupun jasa
berdasarkan seberapa baik produk tersebut mampu memuaskan kebutuhan
pelanggan. Atribut-atribut layanan dapat dibedakan menjadi beberapa kategori.
Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian tersebut adalah Kualitas pelayanan
yang ada di Indonesia khususnya Lion Air berdasarkan tingkat kepentingan menyatakan
bahwa penumpang Lion Air sangat mengharapkan adanya layanan tambahan yang diberikan
kepada penumpang. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan. Sehingga dari diagram terlihat bahwa pesawat Lion air sudah memenuhi
atribut dasar.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: JOJA DA SILVA SARMENTO |
|
NIM |
: 12050006 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|