ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR PADA REPAIR SKIN FUSELAGE
PESAWAT BOEING 737-900 ER DARI STA- 847 SAMPAI STA-867
MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R20 |
Penulis GUSPRIADY
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso M.T. - Dwi Hartini, ST., MT
|
ABSTRAK :
Structure repair manual merupakan panduan yang dikeluarkan oleh
manufaktur kepada maintenance dalam melakukan repair. Repair adalah usaha
untuk memperbaiki sesuatu yang rusak agar tetap bisa digunakan. Apabila
kerusakan tidak tercantum di SRM maka pihak manufaktur mengeluaran metode
untuk memperbaikinya. Seperti perbaikan pada skin fuselage karena korosi di
STA 847- STA 867, antara STR 27L – STR 27R. namun masih memerlukan SRM
dalam panduannya. Namun dalam SRM maupun metode dari manufaktur tidak
dinyatakan secara analisis bahwa repair tersebut aman. Untuk mengetahui
tingkat keamanannya maka perlu dilakukan analisis.
Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA
V5R20. Metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis statik dengan
memanfaatkan fasilitas pada software CATIA yaitu generative struktural analysis.
Terdapat dua pembebanan pada penelitian ini yaitu beban compartment main
cabin (beban Bending) dan beban pressurized.
Analisis dengan menggunakan software CATIA V5R20 didapatkan hasil
bahwa struktur repair doubler pada SRM adalah aman. Nilai margine of safety
tertinggi pada beban kombinasi adalah 1,0982 saat keadaan normal, terendah
adalah 0,8823 pada saat korosi.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: GUSPRIADY |
|
NIM |
: 07050009 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|