ANALISIS PERFORMA TURBOJET ENGINE DENGAN
THRUST SEBESAR 340 KN |
Penulis MIKAEL GABRA GANI
Pembimbing : Karseno KS, INZ, SE.MM. - M Jalu Purnomo, ST.,M.Eng.
|
ABSTRAK :
Penggunaan turbojet engine pada pesawat sipil dewasa ini sudah
berkurang, hal ini disebabkan oleh hadirnya turbofan yang dinilai lebih efisien
dalam penggunaanya, dan memiliki thrust yang besar. Oleh karena itu perlu
menganalisis bagaimana efisiensi turbojet engine bila memiliki thrust yang sama
besarnya dengan thrust turbofan yang digunakan pada pesawat Airbus A-380.
Sehingga dilakukan analisa matematis untuk menghitung besar efisiensi turbojet
engine jika memiliki thrust sebesar 340 kN.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
perhitungan termodinamika siklus ideal dan aktual turbojet engine yang
kemudian akan dibandingkan dengan data aktual dari engine pembanding yaitu
engine trent-900 yang dipakai pada pesawat airbus a-380 dengan kapasitas lebih
dari 500 penumpang.
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa efisiensi turbojet
engine dengan thrust sebesar 340 kN tidak terlalu bagus dibandingkan efisiensi
engine Trent-900 dengan thrust yang sama. Hal ini ini terlihat jelas pada tabel
4.3 (halaman 60). Nilai efisiensi nozzle yang bernilai 0.56037 sangat kecil
dibanding efisiensi nozzle engine Trent-900 yang bernilai 0.95. Selain itu efisiensi
overall yang bernilai 0.07863 dan fuel consumption turbojet engine 0.23448 kg/h
N lebih buruk dibandingan efisiensi overall engine Trent 900 yang bernilai 0.40
dan fuel consumption bernilai 0.0558 kg/h N.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MIKAEL GABRA GANI |
|
NIM |
: 11050147 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|