© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT DALAM PEMILIHAN MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR
Penulis
ADWIN SEPTIANA NUGRAHENI
Pembimbing : Drs, C. Suhardiwarno, M.Si - Karseno. KS, INZ, S.E, MM,

ABSTRAK :
Tingginya keluhan masyarakat terhadap layanan menuntut PT. Lion Air untuk mengevaluasi seperti apa tingkat pelayanan yang sudah diberikan kepada konsumen. Hal tersebut untuk membangun citra yang baik dimata konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk faktor-faktor apa saja yang menentukan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi penerbangan Lion Air berdasarkan preferensi konsumen serta untuk mengetahui atribut-atribut apa yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dalam pelayanan jasa penerbangan maskapai Lion Air. Berdasarkan kondisi tersebut maka informasi preferensi konsumen ini menjadi sangat penting bagi pihak maskapai Lion Air. Metode yang digunakan adalah model Kano. Model Kano dalam penelitian ini digunakan untuk mengkategorikan karakteristik jasa pelayanan pada maskapai penerbangan Lion Air berdasarkan preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 faktor yang berpengaruh pada preferensi konsumen yaitu faktor produk, faktor harga, faktor promosi, dan faktor distribusi. Sedangkan berdasarkan diagram kano ada 3 atribut yang masuk kategori attractive, 2 atribut masuk dalam kategori must-be, dan 15 atribut masuk dalam kategori indifferent. CSI tertinggi adalah Q13 dengan nilai 0,596 dan CDI tertinggi adalah Q14 dengan nilai 0,084. CSI terendah adalah Q14 (iklan di media cetak) dengan 0,063 dan CDI terendah adalah Q7 (petugas yang memberikan informasi dengan jelas) dengan -0,551.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ADWIN SEPTIANA NUGRAHENI
NIM : 12050054
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024