ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT
DALAM PEMILIHAN MASKAPAI PENERBANGAN
LION AIR |
Penulis ADWIN SEPTIANA NUGRAHENI
Pembimbing : Drs, C. Suhardiwarno, M.Si - Karseno. KS, INZ, S.E, MM,
|
ABSTRAK :
Tingginya keluhan masyarakat terhadap layanan menuntut PT. Lion Air
untuk mengevaluasi seperti apa tingkat pelayanan yang sudah diberikan kepada
konsumen. Hal tersebut untuk membangun citra yang baik dimata konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk faktor-faktor apa saja yang menentukan
konsumen untuk menggunakan jasa transportasi penerbangan Lion Air
berdasarkan preferensi konsumen serta untuk mengetahui atribut-atribut apa yang
perlu diperbaiki dan dipertahankan dalam pelayanan jasa penerbangan maskapai
Lion Air. Berdasarkan kondisi tersebut maka informasi preferensi konsumen ini
menjadi sangat penting bagi pihak maskapai Lion Air.
Metode yang digunakan adalah model Kano. Model Kano dalam penelitian
ini digunakan untuk mengkategorikan karakteristik jasa pelayanan pada maskapai
penerbangan Lion Air berdasarkan preferensi konsumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 faktor yang berpengaruh pada
preferensi konsumen yaitu faktor produk, faktor harga, faktor promosi, dan faktor
distribusi. Sedangkan berdasarkan diagram kano ada 3 atribut yang masuk
kategori attractive, 2 atribut masuk dalam kategori must-be, dan 15 atribut masuk
dalam kategori indifferent. CSI tertinggi adalah Q13 dengan nilai 0,596 dan CDI
tertinggi adalah Q14 dengan nilai 0,084. CSI terendah adalah Q14 (iklan di media
cetak) dengan 0,063 dan CDI terendah adalah Q7 (petugas yang memberikan
informasi dengan jelas) dengan -0,551.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ADWIN SEPTIANA NUGRAHENI |
|
NIM |
: 12050054 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|