ANALISIS KINEMATIK RUDDER PADA PESAWAT BRAVO
AS202/18A3 MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R16 |
Penulis ANDRIYA RUNI ARDA
Pembimbing : M. Jalu Purnomo, S.T, M.Eng, - Moh. Ardi Cahyono, S.T, M.T
|
ABSTRAK :
Rudder system pada pesawat Bravo AS202/18A3 beroperasi
menggunakan sistem peggerak mekanik, yang terdiri dari rangkaian
komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga
membentuk suatu sistem yang utuh. Batasan operasional dari rudder surface
pada pesawat ini adalah 28º ± 1º saat full defleksi ke kiri dan 28º ± 1º full defleksi
ke kanan.
Untuk melaksanakan analisis kinematik, maka seluruh komponen yang
ada kemudian dimodelkan dengan software CATIA V5R16 yang selanjutnya
dibuat simulasi dari pergerakan sistem tersebut berdasarkan pergerakan yang
sebenarnya pada pesawat. Setelah dilakukan pemodelan dan simulasi, maka
dapat dilakukan analisis kinematik dengan dua buah metode sebagai
pembanding, yaitu analisis dengan CATIA V5R16 dan perhitungan teoritis.
Dalam proses analisis kinematik yang dilakukan menggunakan CATIA
V5R16 Digital Mook Up Kinematic selama 3 detik pada time sequence t = 1 detik
dan t = 3 detik diperoleh nilai kecepatan dan percepatan (linear dan angular)
yang mendekati hasil perhitungan teoritis, yang apabila dilihat dari rata-rata
silisih perhitunganya hanya terpaut 0,00X sekian di belakang koma atau 10-3.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ANDRIYA RUNI ARDA |
|
NIM |
: 09050045 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|