ABSTRAK :
Fasilitas dan pelayanan Bandar Udara International Nicolao Lobato tidak
mampu menampung jumlah penumpang di area keberangkatan maupun kedatangan.
Hal ini terlihat dari jumlah penumpang tiap tahunya Sedangkan fasilitas yang ada
seperti ruang tunggu keberangkatan hanya bisa menampug sekitar 50-60 orang
sedangkan penumpang yang datang lebih dari kecukupang luas fasilitas yang
diharapkan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pelayanan penumpang
berdasarkan penilaian (presepsi) penumpang dan kebutuhan kapasitas ruang pada sisi
darat (keberangkatan) dengan menggunakan metode Antrian.
Dalam semua pengolahan data check in counter metode yang digunakan adalah
Antian dan Sistem model antrian yang sesuai pada counter check-in di bandar udara
internasional NicolaoLobato Timor - leste adalah (M/M/C) : (FCFS//) dengan counter
check-in yang multiple channel (C>1).Dilihat dari luas terminal bandara Nicolau
Lobato yang sekarang seluas 120 , dibandingkan dengan jumlah penmpang tiap tahun
yang semakin bertambah dapat menyebabkan tidak bisa menampung semua
penumpang, hal ini tidak sesuai dengan standar CASR, jadi luas terminal yang memadai
dengan bertambahnya jumlah penumpang tiap tahunya adalah seluas 600 sesuai
dengan standar yang di tetapkan oleh CASR.
Rata - rata waktu yang dibutuhkan counter check-in untuk melayani penumpang
untuk maskapai Air North pada waktu antar kedatangan 2.93 menit dan waktu
pelayanan3,9 menit, untuk maskapai Citilink waktu antar kedatangan 2.95 menit dan
waktu pelayanan 2.8 menit, untuk maskapai Nam Air 4.4 menit dan 3.9 menit, untuk
maskapai Silk Air3.74 menit dan 3.73 menit, untuk maskapai Sriwijaya Air 2.5 menit
dan 2.53 menit.
|