ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR REPAIR CANOPY SILL LONGERON
PADA PESAWAT F-16 B DI F.S 155 - F.S 189 DENGANMENGGUNAKAN
SOFTWARE CATIA V5R20 |
Penulis PAULO DO ROSARIO MONTEIRO
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, M.T. - Ika Suwarni, S.T., M.T
|
ABSTRAK :
Time complaind technical order (TCTO) merupakan metode inspeksi dan perbaikan
untuk canopy sill longeron karena mengalami crack/fatique. Jika pengecekan canopy sill
longeron tidak terdeteksi, maka crack dapat tumbuh menjadi lebih besar dan menyebabkan
fuselage pesawat patah saat terbang.. Repair canopy sill longeron ini adalah untuk
mengantisipasi kemungkinan terjadinya crack pada longeron pesawat karena pembebanan
yang terjadi atau diterima longeron selama pengoperasian pesawat yang dapat
mengakibatkan ketidakamanan penerbangan. Sehingga untuk mengetahui batas kekuatan
strukturnya maka perlu dilakukan analisis dengan melakukan pemodelan, menemukan letak
tegangan kritis maksimum dan menghitung nilai mengine of safety.
Pemodelan dan analaisis yang dilakukan pada pemodelan struktur pendukung
modifikasi pemasangan canopy sill longeron menggunakan software CATIA V5R20. Metode
analysis yang dilakukan adalah metode analisis static dengan memanfaatkan fasilitas pada
software CATIA V5R20. Pembebanan yang diberikan untuk analisis static tersebut adalah G
force yang terjadi pada canopy sill longeron. Adapun pokok bahasan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui kekuatan top doubler yang terpasang pada bagian atas longeron
dan side doubler yang terpasang pada bagian samping longeron untuk menahan canopy sill
longeron yang terkena gaya G force tersebut.
Dari analisis dengan menggunakan software CATIA V5R20 didapatkan hasil bahwa
struktur canopy sill longeron sesuai TO dan TCTO aman. Nilai margine of safety tertinggi
pada saat pull up sebesar 2.270 model repair, 1,313 model origin, dan 1,189 pada model
damage.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: PAULO DO ROSARIO MONTEIRO |
|
NIM |
: 12250013 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|