PENERAPAN ALGORITMA A* DALAM PENCARIAN JARAK
TERPENDEK UNTUK GAME LABIRIN DETECTIVE MANKII
BERBASIS ANDROID |
Penulis ANJAR DWI SAPUTRA
Pembimbing : Anton Setiawan H., S.Kom., M.T, - Nurcahyani Dewi Retnowati S.Far., M.T
|
ABSTRAK :
Labirin merupakan permainan dimana player akan mencari jalan keluar
untuk menyelesaikan permainan, player masih dapat menyelesaikan masalah
apabila labirin tersebut tidak memiliki banyak jalan bercabang dan buntu tetapi
akan lebih rumit apabila terdapat banyak jumlah rute yang bercabang dan buntu.
Penyelesaian dalam permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan algoritma
A*. Algoritma A* memiliki kelebihan dari algoritma lainnya, karena algoritma
A* memiliki nilai Heuristik yang menjadikan nilai pencarian lebih optimal dan
algoritma ini tepat digunakan untuk pencarian jarak terdekat pada game labirin.
Kebanyakan game labirin hanya bertampilan 2 dimensi dan dalam hal ini penulis
menggunakan labirin dengan tampilan 3 dimensi. Aplikasi ini dibuat dengan
menggunakan Blender dan Unity 3D dengan C # (sharp) sebagai bahasa
pemrogramannya. Game ini telah diuji dan menunjukkan bahwa game berjalan
dengan baik pada device android serta algoritma dapat mencari jalan keluar
terpendek.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ANJAR DWI SAPUTRA |
|
NIM |
: 11030099 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|