© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Analisa Pengaruh Arah dan Kecepatan Angin Sebagai Potensi Penurunan Performa Penerbangan dan Gangguan Keselamatan Penerbangan Pada Pesawat Saat Take Off dan Landing di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
Penulis
SUAR ISHAK
Pembimbing : Drs. C. Suhardiwarno, M.Si - Indro Lukito, ST., M.Eng

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah angin Headwind, Tailwind, dan Crosswind yang berpengaruh terhadap penurunan performa pesawat dan gangguan keselamatan penerbangan saat take off dan landing. penelitian ini hanya memfokuskan ke angin berbahaya atau angin crosswind . Penelitian ini diambil di bandara Adisutjipto Yogyakarta di bagian kantor Meteorologi Angkatan Udara. Dari hasil data yang diperoleh peneliti menggunakan program microsoft exel untuk pengolahan data. Sehingga dapat mengetahui besar max crosswind dan besar max rata-rata crosswind yang di peroleh selama perbulan yang di terima oleh pesawat saat take off dan landing baik dari sisi kanan maupun kiri pesawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada rentang waktu 23.00-03.00 UTC besar maksimal rata-rata crosswind sebesar pada Januari 2015 sebesar 2,9 knot. Rentang waktu 04.00-08.00 UTC dengan besar maksimal rata-rata crosswind pada bulan Januari 2015 sebesar 7 knot. Waktu 09.00-13.00 UTC dengan besar maksimal rata-rata crosswind pada bulan Agustus 2015 sebesar 5,5 knot dan waktu 14.00-17.00 UTC dengan besar maksimal rata-rata crosswind bulan April 2015 sebesar 1,6 knot knot. Kata kunci: Arah Angin, Kecepatan Angin, Crosswind, Keselamatan Penerbangan, Take off, Landing.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SUAR ISHAK
NIM : 11050099
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024